Latest News
Rabu, 24 April 2019

Terkait Kasus Romi, KPK Panggil Menag Dan Sita uang senilai US$30 ribu dan Rp180 juta rupiah Di Ruang Kerja Lukman



Jakarta-Berita Independent
 
Kasus dugaan suap jual beli jabatan yang melibatkan eks Ketua Umum PPP Romahurmuziy atau Romi akhirnya melibatkan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Terbukti, pada Selasa (23/4) kemarin, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melayangkan surat kepada Lukman  untuk melakukan pemeriksaan pada hari ini, Rabu (24/4). Namun Lukman meminta KPK menjadwal ulang pemeriksaan dengan alasan dia baru menerima surat pemanggilan pada Selasa siore, sementara pada hari ini dia sudah ada agenda lain, yakni telah terjadwal mengisiu acara pembinaan haji.
 
Kepala Biro Hubungan Masyarakat Data dan Informasi Kemenag, Mastuki  membenarkan. Menurutnya, Lukman telah terjadwal mengisi acara pembinaan haji, sehingga tak bisa memenuhi panggilan KPK.

"Benar. Hari ini Pak Menteri sudah terjadwal mengisi acara pembinaan haji di Jawa Barat. Sementara undangan KPK baru sore kemarin diterima. Jadi meminta dijadwal ulang," kata Mastuki saat dikonfirmasi media.

Ia mengatakan Jawa Barat adalah wilayah dengan jamaah haji terbesar. Alhasil, kata Mastuki mereka perlu mendapatkan informasi soal kebijakan baru tentang haji.

"Sebagai wilayah dengan jemaah haji terbesar, mereka perlu mendapatkan update kebijakan baru tentang haji, juga info penambahan kuota 10.000 yang berimplikasi sejumlah persiapan di daerah," katanya.

Sebelumnya, KPK mengagendakan pemeriksaan terhadap Lukman Hakim, Rabu (24/4). Pemanggilan tersebut terkait dengan kasus suap pengisian jabatan di Kementerian Agama. Lukman akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka eks Ketum PPP yang juga Anggota DPR Romahurmuziy.

KPK sendiri sempat menyita sejumlah uang senilai US$30 ribu dan Rp180 juta rupiah dari ruang kerja Lukman. Uang itu dipastikan KPK bukan merupakan honor yang didapatkan oleh Lukman.

KPK sebelumnya juga memanggil beberapa anak buah Lukman di antaranya Staf Khusus Lukman Gugus Joko Waskito, Anggota Panitia Pelaksana Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Kementerian Agama pada Sekretariat Jenderal Muhammad Amin.

@ist
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Item Reviewed: Terkait Kasus Romi, KPK Panggil Menag Dan Sita uang senilai US$30 ribu dan Rp180 juta rupiah Di Ruang Kerja Lukman Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent