Latest News
Jumat, 28 September 2018

SMP Muhammadiyah 5 Surabaya Adakan Tes Psikologi


Surabaya-Berita Independent
 
Tim guru Bimbingan dan Konseling (BK) SMP Muhammadiyah 5 Surabaya (Spemma) menggandeng lembaga biro psikologi Aditama Psikocare menggelar tes psikologi bagi siswa Spemma. 

Tes yang digelar mulai pukul 7.30 WIB  hingga 10.30 WIB  ini diikuti oleh seluruh siswa kelas VII (120 siswa) dan seluruh siswa kelas IX (198 siswa) di ruang kelas Spemma. 
 
“Sudah dua tahun ini tes psikologi melibatkan seluruh kelas VII,” kata Sumeru Tatsianna, S.Psi. selaku guru BK Spemma. Rabu, (26/09).

Beliau menambahkan adanya keikutsertaan tes psikologi bagi kelas VII ini dapat digunakan sebagai deteksi awal dan acuan atas semua informasi anak bila terjadi permasalahan yang ada di sekolah. 

“Melalui gambar sebagai salah satu materi tes psikologi dapat mengetahui hubungan anak dengan orang tua dan karakteristik anak sehingga ekspresi perilaku siswa di sekolah dapat tercermin dari pola asuh anak atau latar belakang orang tuanya,” tambah guru yang sering dipanggil ibu Nana itu.

Selain itu, materi tes psikologi lainnya terdapat tes bakat minat, tes kecerdasan, dan tes kepribadian. 
 
“Tes peminatan dilakukan khusus ditambahkan bagi siswa kelas IX yang dapat digunakan siswa atau orang tua atau lembaga pendidikan lainnya bila siswa tersebut akan melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya,” jelas Harni Rajab, S.Psi. selaku partner Nana yang menangani BK Spemma. 

Melalui tes psikologis ini juga dapat diketahui level kecerdasan yang dimiliki siswa. Tes kecerdasan dapat diketahui melalui tes binet yaitu berupa tes visual, tes abstrak, dan tes yang berkaitan dengan angka. 

Untuk mengetahui level kecerdasan siswa, tes kecerdasan itu dapat digabungkan dengan tes Intelligence Quotient (IQ) yang diperoleh siswa. 
 
“Bila ada siswa yang memiliki tingkat kecerdasan yang rendah tetapi dengan melihat kriteria tes IQ-nya lebih dari kriteria normal (90-109) dapat menjadi bekal siswa untuk terus dikembangkan dari sisi kecerdasannya. Hal ini karena kecerdasan pada siswa usia SMP masih dapat terus dikembangkan menjadi lebih meningkat lagi,” ujar Nana. 
 
Sementara prihal biaya, Nana menjelaskan, seluruh biaya tes psikologi  telah ada dalam Dana Kegiatan Sekolah (DKS) dengan besaran tiap siswa kelas VII sebesar Rp. 50 ribu dan tiap siswa kelas IX sebesar Rp. 75 ribu. 
 
(arianto)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Item Reviewed: SMP Muhammadiyah 5 Surabaya Adakan Tes Psikologi Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent