Latest News
Sabtu, 29 September 2018

Indonesia Kembali Menangis, Tsunami Palu Renggut 384 Nyawa


 Jakarta-Berita Independent

Jumlah korban tewas akibat Tsunami dan gempa di Palu dan Donggala, tercatat sudah mencapai 384 orang namun angka korban baru hanya di Palu, karena Donggala masih belum bisa diakses dan komunikasi terputus.

Data tersebut dirilis Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga pukul 13.00 WIB, Sabtu (29/9) tadi dalam acara jumpa pers di Jakarta.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyebut, sejauh ini 29 orang lain hilang dan 540 orang terluka.

"Update terakhir pada pukul 13.00 WIB, keseluruhan di Palu baru ditemukan 384 orang meninggal Dunia. Ini baru yang di Palu. Untuk korban luka termasuk total korban meninggal dunia akibat gempa dan tsunami secara keseluruhan di Sulteng, masih dalam pendataan," terang Sutopo.

Sementara itu, lanjut Sutopo, kerusakan di Donggala, masih belum terdata karena komunikasi terputus dan daerah tersebut juga belum bisa dijangkau.

Betapa pun, katanya, "kalau mengacu pada kekuatan gempa bumi, maka yang di Donggala kerusakannya bisa jauh lebih parah. Namun korban jiwa belum tentu, karena sebaran penduduknya berbeda," katanya pula.

Lebih lanjut Sutopo menambahkan, berdasarkan informasi terbaru yang diterima BNPB, tinggi tsunami mencapai 6 meter.

"Saya mendapatkan kabar, ada yang menaiki pohon dimana tinggi tsunami mencapai enam meter," tutupnya.

Ditempat terpisah,  Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf menyampaikan duka cita mendalam terhadap korban bencana gempa dan tsunami di Donggala, Sulawesi Tengah. Sekretaris Koalisi Indonesia Kerja, Hasto Kristiyanto meyakini Presiden Joko Widodo bakal tanggap dalam memimpin operasi kemanusiaan menangani korban gempa.

(dst)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Item Reviewed: Indonesia Kembali Menangis, Tsunami Palu Renggut 384 Nyawa Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent