Latest News
Senin, 13 Agustus 2018

Ssst....Ada Pungli Di Pilkades Jaya Sakti???


Bekasi-Berita Independent
 
Pesta demokrasi pilkades di Kabupaten Bekasi akan segera di laksanakan. Untuk itu, pemerintah Kabupaten Bekasi telah mengucurkan dana dari APBD untuk biaya kampanye para calon Kades Jaya Sakti, Kecamatan Muaragembong. Namun sayangnya, menghadapi pesta demokrasi Pilkades diduga rawan pungutan liar yang katanya dilakukan oleh panitia pemilihan Kades,
 
Penilaian ini juga diperkuat dengan adanya statement dari Sekjen LSM Penjara Indonesia, Deky Bambang Supriyadi.
"Calon kepala desa di pungut untuk biaya tambahan sebesar Rp50 juta rupiah, ini jelas-jelas pungli dan tidak ada dasar hukumnya. Menurut saya, ini hanya akal-akalan panitia, Mereka harus transparan mengelola keuangan karena ini mengacu pada Undang- Undang Nomor 14 tahun 218 tentang keterbukaan informasi publik," tegas Deky saat ditemui Berita Independent beberapa waktu lalu.
 
Deky menuturkan, dalam modus 'Pungli'nya, pihak panitia Pilkades melakukan jemput bola, alias langsung mengambil uang dengan mendatangi rumah para calon kepala desa.
 
"Hamim Umar S.Pd selaku bendahara panitia pilkades Jaya Sakti mendatangi rumah calon kepala desa untuk mengambil uang  sebesar Rp7 Juta dari besaran yang ditetapkan sebesar Rp50 jt, dan ini dapat kami indikasikan sebagai pemaksaan oleh panitia," tambahnya.  
 
Dengan adanya dugaan pungli tersebut LSM penjara berharap satgas pungli kabupaten Bekasi melakukan tindakan tegas sesuai peraturan yang berlaku.
 
Ditempat terpisah, Ketua Panitia Pilkades Jaya Sakti,  Zaenal Mustopa membantah adanya dugaan pungli tersebut. Dia juga beralasan bahwa pemerintah daerah sudah memberi bantuan dana.
 
"Saya rasa, anggaran yang diberikan pemerintah  sebesar Rp168 juta dan dipotong pajak 11,5 persen sisa nya Rp142 juta, itu sudah lebih dari cukup. Jadi buat apa panitia melakukan pungutan kepada para calon kepala desa Jaya Sakti," aku Zaenal yang saat itu didampingi bendaharanya..

Lebih lanjut Zaenal menambahkan, untuk memaksimalkan kinerja panitia dan mebuat TPS yang nyaman, ketiga calon kepala desa terdorong ikut berpartisipasi,  maka kami melakukan rincian RAB atau draf dan  kami tidak memaksa. Intinya, ketiga calon Kades itu hanya menyumbang, dan tidak ada paksaan," jelas Zaenal sambil berdalih dan mengkahiri kalimatnya
 
(Asep)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Item Reviewed: Ssst....Ada Pungli Di Pilkades Jaya Sakti??? Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent