Latest News
Sabtu, 04 Agustus 2018

Sambut HUT RI Ke-73, 265 Orang Akan Arak Bendera Merah Putih Di Bogor

                                                                                         poto;illustrasi

Kota Bogor-BeritaIndependent
 
Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 akan diwujudkan melalui helatan Festival Merah-Putih (FMP) 2018. Kegiatan ini sudah memasuki tahun ke-3, secara rutin memasang bendera atau umbul-umbul merah putih di seluruh jalan protokol Kota dan Kabupaten Bogor. Tak tanggung-tanggung jumlah bendera dan umbul-umbul yang dipasang mencapai 17.845 buah yang dipasang selama Agustus.

Tidak hanya memasang bendera, Pembukaan FMP 2018 akan berlangsung di dua lokasi berbeda yakni di lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor pada Sabtu (04/08/18) dan Minggu (05/08/18) di Plaza Balai Kota Bogor, jalan Ir. H Juanda, Kota Bogor.

Khususnya di Kota Bogor, pembukaan FMP dimulai pukul 06.15 WIB dengan kirab bendera merah putih berukuran panjang 117 meter dan lebar 5 meter. Pengarakan bendera berukuran raksasa tersebut dimulai dari Plaza Balai Kota menuju kawasan Car Free Day (CFD) di Jalan Jenderal Sudirman, sampai di titik Air Mancur putar balik dan finish di lapangan Pusdikzi.

Pengarakan bendera merah putih akan melibatkan 265 orang yang terdiri dari gabungan berbagai elemen masyarakat. Sebut saja 50 orang dari 315 Garuda, 25 orang dari PPI, 20 orang dari Kopassus, 20 orang dari Polresta, 25 orang dari IPSI, 20 orang dari Dinas Perhubungan, 10 orang dari Satpol PP, 20 orang dari Siswa Pusdikzi, 25 orang Budayawan, 10 orang dari Pemuda Panca Marga (PPM), 10 mahasiswa dan 30 orang dari Lanud ATS.

Ketua Panitia FMP 2018 Muzzakir, menuturkan, urutan kirab benderanya yang paling depan Drum Band, lalu diikuti tamu VIP yakni muspida dan Bogor Sahabat, dibelakangnya para pembawa bendera merah-putih yang diiringi sepeda ontel, barongsai, tim marawis dan komunitas.

"Jumlah 265 orang hanya pembawa bendera saja, sementara untuk peserta pawai jika ditotal bisa 
 mencapai 505 orang," tuturnya. 
poto; illustrasi

Dia menambahkan, belum lagi partisipasi dari masyarakat yang bisa mencapai 1.500 orang mengingat kirab bendera dilakukan di sepanjang CFD sehingga masyarakat bisa ikut berpartisipasi untuk memeriahkan. 

“Dibuatnya acara ini kan semata-mata untuk masyarakat Kota Bogor, jadi kami berharap masyarakat ikut berpartisipasi,” imbuh Muzzakir.

Muzzakir menyebutkan, kegiatan FMP 2018 tidak hanya kirab bendera saja. Seusai kirab akan dilanjutkan dengan pelipatan bendera merah putih, pertunjukan pencak silat, pembagian 23.000 cup kopi dan lomba cerdas cermat. Lomba cerdas cermat ini yang menurutnya menarik untuk disaksikan karena pesertanya merupakan camat, koramil dan kapolsek di enam wilayah Kota Bogor dengan juri Wali Kota Bogor, Komandan Kodim dan Kapolresta Bogor Kota.

 "Cerdas cermat ini temanya tentang wawasan kebangsaan. Jadi diikuti enam kecamatan atau ada enam regu,” tuturnya.

Lanjutnya, rangkaian FMP 2018 masih akan berlanjut dengan Upacara Festival Merah Putih 2018 di Kebun Raya Bogor, Sabtu (11/8/18) mendatang. Upacara akan diikuti ribuan perserta dari berbagai unsur yakni TNI, Polri, Pelajar, Mahasiswa, Komunitas, Budayawan, Tokoh Agama dan Masyarakat umum. 

“Rencananya upacara akan dibuka Presiden RI Joko Widodo,”pungkasnya. 
 
(Rieke)

 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Item Reviewed: Sambut HUT RI Ke-73, 265 Orang Akan Arak Bendera Merah Putih Di Bogor Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent