Latest News
Sabtu, 04 Agustus 2018

BPBD Kab. Bogor Gandeng Yonbekang I Kostrad Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana Angin Puting Beliung



 Kabupaten Bogor-Berita Independent

Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD) Kabupaten Bogor bersama Yonbekang 1 Kostrad sukses menggelar kegiatan simulasi penanggulangan bencana angin puting beliung sebagai wujud salah satu program dan pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek), kemarin.

Antusias masyarakat yang ikut serta dalam kegiatan simulasi tersebut tampak terlihat jelas memadati halaman kantor Kecamatan Ciseeng. Acara yang digelar selama dua hari, yakni mulai dari tanggal 1 sampai dengan 3 Agustus 2018 ini dipimpin oleh Serma Aan Setiawan sebagai Instruktur Bimtek perwakilan dari Yonbekang 1 Kostrad dibantu dari beberapa team, yakni mulai dari team pangan dan logistik, team kesehatan guna menangani korban bencana dalam praktek simulasi itu.

Usai kegiatan simulasi, Serma Aan, begitu beliau akrab disapa menjelaskan tujuan dilaksanakan simulasi penanggulangan bencana alam berupa bencana angin puting beliung, karena daerah Kabupaten Bogor, khususnya wilayah kecamatan Ciseeng sangat rawan disebabkan faktor alam yang masih didapati banyak galian.

"Daerah Kecamatan Ciseeng inikan masih sangat rawan akan bencana alam, terlebih masih banyaknya kegiatan galian tanah atau perbukitan yang akhirnya bisa menyebabkan longsor maupun bencana alam lainnya, dan itu bisa menjadi pemicu adanya angin puting beliung. Sudah tentu kita semua harus tanggap  menghadapi kejadian bencana alam yang tidak bisa kita duga-duga," terang Aan.

Lebih lanjut dia menambahkan, "Dipastikan dengan bencana tersebut akan banyak memakan korban, maka simulasinya kita aplikasikan dengan banyaknya korban yang tertimpa pohon dan bangunan, walaupun tingkat pemahaman mereka masih kurang  dengan situasi yang terjadi tapi paling tidak mereka sudah mempunyai gambaran tentang tanda-tanda bencana puting beliung ini, dan harapan saya selaku instruktur kepada seluruh peserta yang hadir mewakili masyarakat lainnya, bisa mensosialisasikan kegiatan ini kepada yang lainnya dengan pembentukan kader-kader di wilayah paling terkecil."

Ditempat yang sama, Kepala Camat Ciseeng, Edi Muslihat menambahkan, "Dengan diadakannya Bimtek dan simulasi penanggulangan bencana ini, bertujuan agar semua peserta pada khususnya bisa menularkan kepada seluruh masyarakat yang lain disetiap desanya tentang kerawanan bencana puting beliung,  dan intinya mereka sudah siap dan tanggap terhadap bencana yang menimpanya dengan penanganan sendiri sebelum bantuan dari luar datang, inilah hasil dari kinerja pihak BPBD Kabupaten Bogor selaku pihak pelaksana dan pihak Yonbekang 1 Kostrad selaku instruktur dalam materi bimtek dan simulasi ini,"tegas Edi sembari mengucapkan rasa terima kasihnya kepada BPBD dan Yonbekang 1 Kostrad yang sudah memberikan pendidikan kilat kepada warganya.
 
Harapan yang sama juga dikemukakan oleh Pasi Intel Yonbekang 1 Kostrad Lettu CBA. Jones Niwele. 
 
"Saya mewakili Komandan Batalyon Yonbekang 1 kostrad,   berharap kegiatan simuklasi ini bisa menambah pengetahuan masyarakat dalam menghadapi bencana alam yang tanpa diduga menimpa diri dan kampung kita. Untuk itulah TNI bersinergi dengan BPBD menggelar kegiatan ini," tegas Lettu CBA, Jones Niwele mengakhiri perbincangan.
 

(Rully)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Item Reviewed: BPBD Kab. Bogor Gandeng Yonbekang I Kostrad Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana Angin Puting Beliung Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent