Latest News
Sabtu, 04 Agustus 2018

Basarnas Masih Lakukan Pencarian 13 ABK Kapal Buah Hati 2


 Indramayu-Berita Independent

Kapal pencari ikan bernama Kapal Bunga Hati 2 yang diawaki 13 orang mengalami kecelakaan di Perairan Indramayu, Jawa Barat pada Jumat (3/8) pagi. Pencarian 13 anak buah kapal (ABK) sempat dihentikan pada pukul enam sore karena angin kencang, gelombang tinggi, dan pandangan terbatas.

Juru bicara Badan SAR Nasional Jawa Barat, Joshua Banjarnahor mengatakan proses pencarian akan dilanjutkan pada Sabtu, 4 Agustus 2018 pagi. Sebelumnya, tim pencari berlindung di Pelabuhan Sumur Adem.

“Posisi kapal sudah ditemukan, tim gabungan masih mencari 13 awak kapal,” kata Joshua dalam pesan singkatnya.

Kapal berkapasitas 27 GT (gross ton) ini mengalami kecelakaan saat melakukan perjalanan dari Pelabuhan Karangsong, Indramayu menuju Laut Jawa.  Joshua mengungkapkan kapal itu terbalik di Perairan Indramayu, sekitar 22 nautical mile Pulau Biawak.

Petugas gabungan dan masyarakat melakukan pencarian para awak kapal menggunakan lima buah kapal. Masing-masing satu unit milik Basarnas, dua unit milik TNI Angkatan Laut, serta dua kapal nelayan.

Sementara Kepala Badan SAR Nasional Jawa Barat, Deden Ridwansyah berharap para nahkoda yang melintas wilayah posisi kapal terakhir diketahui agar menghubungi nomor kontak kantornya di 022-7780437.

“Bilamana menemukan tanda atau korban. Tim kami berupaya seoptimal mungkin menemukan 13 ABK dengan koordinasi bersama TNI dan Polri, Pertamina, nelayan, serta masyarakat,” imbuh Deden.

Dia juga mengimbau pemilik kapal agar melengkapi kapalnya dengan alat keselamatan, GPS (global positioning system) tracking, alat pemindai distress yang dapat meminimalisir risiko jatuhnya korban saat kecelakaan di laut.

#SP
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Item Reviewed: Basarnas Masih Lakukan Pencarian 13 ABK Kapal Buah Hati 2 Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent