Latest News
Kamis, 09 Agustus 2018

Awas, Jangan Remehkan Rumah Kosong, Peluang Kebakaran Mengintai !!!


Bekasi-Berita Independent
 
Tidak ada yang menduga jika rumah yang sudah lama tidak berpenghuni dan dipenuhi tumbuhan ilalang yang sudah kering, ternyata dapat mengundang kebakaran di lingkungan sekitar pemukiman penduduk. Kejadian itu pulalah dialami oleh warga Desa Kali Jaya.


Kebakaran yang terjadi  area rumah kosong lingkungan  Rt.01/Rw.05 Kp.Kaum Kali Jeruk, Desa Kali Jaya, Kecamatan Cikarang Barat membuat panik masyarakat Desa Kali Jaya sekitar, karena rumah kosong tersebut sudah lama ditinggalkan oleh pemiliknya dan di dalamnya dipergunakan untuk menampung barang rongsokan maupun sampah-sampah yang dibuang sembarangan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

Sulutan api yang diduga berawal dari warga yang melakukan pembakaran sampah yang apinya terbawa oleh angin dan menyambar rumah kosong yang juga dipenuhi ilalang kering sehingga pemicu besarnya api.

"Terbakarnya area rumah kosong akibat warga membakar sampah, saat ada angin api meyambar  rumah kosong ternyata di dalam rumah kosong tersebut bayak ilalang yang sudah kering yang ada di area rumah kosong tersebut."ujar  Ketua Rt.01/Rw.05 Didin kepada Berita Independent beberapa waktu lalu. 
 

Melihat kobaran api yang menyala di area rumah kosong milik Aming, Didin bersama warga dilingkungan pemukiman langsung sigap bergotong royong memadamkan api secara manual dengan peralatan ember dan wadah yang bisa menampung air untuk disiramkan ke kobaran api. 
 
"Kami menyadari jika kobaran api yang lumayan besar itu tidak akan bisa padam. Karena takut akan menyambar rumah-rumah warga lainnya, kami juga menghubungi pemadam kebakaran, namunsambil menunggu kedatangan tim pemadam kebakaran dari dinas, saya dan warga masih melakukan kerjasama memadamkan api secara tradisional," papar Didin.
 
Kejadian itu juga disaksikan Kepala Desa Kalijaya, Dede Sulaeman yang juga turun tangan membantu pemadaman api.

"Dengan kekjadian ini, saya harap ini menjadi pengalaman untuk kita semua agar tdak membuang sampah sembarangan. Dan menjaga kebersihan lingkungan pemukiman agar tidak ada ilalang yuang tumbuh liar. Karena jika ilalang itu kering, maka akan cepat terbakar jika tersambart api. Jadi mari kita sama-sama saling menjaga lingkungan untuk keselamatan kita semua," tegas Dede didepan warga desanya.

Hal yang sama juga ditegaskan Ketua Tim Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi, Jajang Susanto. Beliau menyarankan agar masyarakat tidak melakukan pembakaran siang hari.

"Saya selaku Ketua Tim Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi menghimbau agar masyarakat harus waspada apabila membakar sampah disiang hari dapat di tunggui."pungkasnya.
 
( Asep )
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Item Reviewed: Awas, Jangan Remehkan Rumah Kosong, Peluang Kebakaran Mengintai !!! Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent