Latest News
Kamis, 26 Juli 2018

Nyok ah....Ke acare Lebaran Betawi


Jakarta-Berita Independent

Pesta budaya masyarakat Betawi berjudul "Lebaran Betawi" akan kembali digelar pada 27 sampai dengan 29 Juli 2019 di kawasan Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

 Rencana perhelatan ini juga diperjelas oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

"Jadi kami akan menyelenggarakan kegatan ini pada hari Jumat sampai Minggu yakni tanggal 27 sampai 29. Tempatnya di Setu Babakan dan mulai dilaksanakan di pagi hari," tegas Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, kemarin.

Lebih lanjut Anies menuturkan, semua jajaran di Pemprov akan dilibatkan untuk memeriahkan acara tersebut. Tiap-tiap Wali Kota dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) akan turut meramaikan acara. Mereka nantinya akan menyiapkan berbagai acara dan menampilkan berbagai hiburan kepada masyarakat yang menyaksikan acara.

"Masing-masing SKPD akan bikin kegiatan. Tarian atau hiburan itu dari pariwisata (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI). Biro umum misalnya juga bikin panggung," ujar Anies.

Bahkan, Transjakarta juga menyiapkan angkutan gratis untuk mobilitas masyarakat menuju lokasi. Selama acara tersebut di gelar, akan ada penampilan kesenian dan kuliner khas betawi. Bahkan, karya seni dari seniman Jakarta juga akan ditampilkan dalam acara tersebut.

"Nanti berbagai wilayah akan menampilkan kesenian dan hasil-hasil karya mereka termasuk makanan di sekitar sana (Setu Babakan)," tambahnya.

Sementara Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali mengatakan, berbagai persiapan yang dilakukan antara lain menata rumah Wali Kota Jakarta Selatan dan panggung hiburan yang dilakukan oleh Suku Dinas (Sudin) Pariwisata dan Kebudayaan, penerangan yang dilakukan Sudin Perindutrian dan Energi, penyediaan ambulans dan petugas medis dari Sudin Kesehatan.

Kemudian, Pemkot Jaksel juga akan mengerahkan keamanan yang diambil dari Satpol PP Kota, Kecamatan hingga Kelurahan, serta menyediakan tempat/truk sampah dan regu comot dari Sudin Lingkungan Hidup.

"Pada Lebaran Betawi nanti, berbagai kebudayaan Betawi akan ditampilkan seperti tari Betawi, tanjidor, gambang kromong, keroncong Jakarta, wayang kulit Betawi, ondel-ondel, lenong Betawi, palang pintu, tari topeng, berbagai permainan tradisional Betawi hingga layar tancap," ujarnya.

Untuk acara puncaknya, lanjut Marullah, para wali kota nantinya akan memberikan hantaran makanan kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Nanti kami para wali kota akan memberikan hantaran kepada Pak Gubernur berupa Pecak Gurame, Gabus Pucung serta Dodol Betawi khas Pasar Minggu. ini merupakan tradisi Betawi yang ingin dilestarikan, " tuturnya sembari menjelaskan, lokasi perhelatan Lebaran Betawi ini memang sudah menjadi kebijakan Pemerintah DKI yang menetapkan lokasi acara Lebaran Betawi tetap diadakan di PBB pada setiap tahunnya.

Sementara prihal anggaran yang digunakan, sebagiannya berasal dari Badan Musyawarah (Bamus) Betawi. Dari SKPD DKI pun juga turut menyumbangkan dana untuk penyelenggaraan acara tersebut. Namun, Anies tidak merinci berapa anggaran yang dikeluarkan baik dari Bamus maupun bantuan dari SKPD.


@susan
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Nyok ah....Ke acare Lebaran Betawi Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent