Latest News
Jumat, 20 Juli 2018

Korem 061/SK Bekali Siswa Dengan Wawasan Kebangsaan


Bogor-Berita Independent

Sebagai dasar negara, Pancasila kembali diuji ketahanannya di era reformasi sekarang. Merekahnya matahari bulan Juni 1945, yang lalu disambut dengan lahirnya sebuah konsepsi kenegaraan yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia, yaitu lahirnya Pancasila. Dan tentunya untuk menjaga keutuhan Pancasila, rakyat Indonesia memerlukan wawasan kebangsaan.

Seperti diketahui, wawasan kebangsaan merupakan salah satu wahana membangun cinta tanah air karena wawasan kebangsaan merupakan cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya yang di dasari oleh falsafah cita-cita dan tujuan nasional, namun sampai saat ini pemahanan wawasan kebangsaan dalam diri masyarakat masih kurang oleh karena itu perlu adanya pemberian pemahaman akan wawasan kebangsaan sejak usia dini.

Hal ini dijelaskan oleh Pasi Wanwil Ter Korem 061/SK Kapten Inf Rahmad saat memberikan materi Wawasan Kebangsaan kepada 350 siswa siswi SMK Negeri 4 Kota Bogor di bilangan Kelurahan Muara Sari, Kecamatan Bogor Selatan, beberapa waktu lalu.

"Secara teori wawasan kebangsaan masih kurang di pahami oleh masyarakat sehingga pemberian pemahaman wawasan kebangsaan dalam bentuk aplikasi akan lebih mudah di pahami, selain itu wawasan kebangsaan ini juga perlu di berikan sejak pendidikan dasar hingga perguruan tinggi seperti dalam mata kuliah kewiraan," ujarnya kepada Berita Independent.

Kegiatan positif  yang dilaksanakan dalam rangka mengisi MPLS ( Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) yang sedang berlangsung di SMA Negeri 4 kota Bogor ini diisi dengan pemberian materi berupa menanamkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila.

"Diharapkam, para siswa dan siswi mengetahui dan memahami sejak dini pentingnya mengamalkan pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, diharapkan pula agar siswa dan siwi sadar bahwa dalam kehidupan dan bernegara dibutuhkan sikap toleransi dan saling menghargai antar sesama sehingga tercipta kehidupan yang aman dan tentram," tegas Kapten Inf Rahmad dengan nada bersemangat dalam memberikan materi.

Lebih lanjut disampaikan bahwa sebagai anak bangsa harus mampu memahami dan mengamalkan apa yang ada di dalam UUD 1945 dan mampu juga melaksanakan apa yang terkandung dalam butir-butir Pancasila sehingga bangsa Indonesia akan tercapai kedamaian dan Indonesia akan lebih maju sesuai cita-cita bangsa Indonesia. 
(Penrem 061/Sk-rieke)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Korem 061/SK Bekali Siswa Dengan Wawasan Kebangsaan Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent