Latest News
Minggu, 22 Juli 2018

Kelurahan Pabuaran Siap Berperan Sukseskan Program BKGC 2018


Kabupaten Bogor-BeritaIndependent

Kabupaten Bogor berbenah diri, hal ini dilakukan bukan hanya untuk merubah penilaian miring masyarakat yang katanya semakin 'buruk wajahnya' tapi juga  demi mendapatkan penghargaan Bogor Kabupatenku Green and Clean (BKGC) Tahun 2018. Otomatis, semua elemen masyarakat Bogor turut  berperan aktif dalam mendukung program bertema 'Kampung Ramah Lingkungan' yang diprakarsai Balai Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor didukung oleh dinas-dinas terkait sampai tingkat kelurahan dan warga sekitarnya ini.

Tak ketinggalan juga warga masyarakat yang tinggal di lingkungan Kelurahan Pabuaran, Kabupaten Bogor. Peran serta warga dalam mewujudkan Kampung Ramah Lingkungan (KRL) ini terlihat jelas. Mulai dari aktifitas bersih-bersih lingkungan, membuat kerajinan tangan dari barang-barang bekas yang didaur ulang sampai pada penghijauan.

Menurut Lurah Pabuaran, Heri Risnandar saat menjamu Berita Independent di ruang kerjanya beberapa waktu lalu mengatakan, sangat puas dengan peran serta warga di Kelurahan Pabuaran yang antusias mendukung kegiatan KRL.

"Saya berharap kepedulian masyarakat dalam menwujudkan Kampung Ramah Lingkungan dan menjaga kebersihan serta keindahan lingkungan kita tidak terputus sampai di sini. Mari sama-sama kita saling bergotong royong menciptakan keindahan kampung kita," ujar Heri usai membuka acara lomba KRL yanng juga dihadiri team penilai dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor, Muji selaku Ketua dan beberapa orang petugas DLH lainnya.

Lomba KRL yang diikuti oleh para warga dari 6 RW, yakni RW 9, RW 10, RW 11, RW 12, RW 13 dan RW 14 ini terlihat semarak.

"Dengan adanya program KRL, kita semua bisa merasakan adanya perubahan. Dan bahkan warga juga banyak yang berharap agar kegiatan ini terus berjalan dan bukan hanya diseputaran kebersihan lingkungan saja, tapi juga kita harus bisa mewujudkan barang-barang yang sudah dibuang bisa dimanfaatkan atau didaur ulang, misalnya dedaunan bisa jadi kompos, barang-barang bekas bisa kita jadikan kerajinan tangan," tegasnya.

Lebih lanjut Heri menambahkan, penanganan sampah dilingkungan Kelurahan Pabuaran agar tidak mengotori lingkungan yakni dengan menciptakan sistem bank sampah, melakukan konservasi seperti pembuatan biopori atau penghijauan di setiap rumah penduduk hingga fasilitas umum.

Sementara ditempat yang sama, salah seorang petugas dari DLH yang juga tergabung dalam team juri lomba KRL, Diki mengatakan penilaian dalam lomba KRL di program BKGC tahun 2018 diputuskan melalui penilaian bersama dengan para juri lainnya.

"Tapi sebagai juri dari DLH, saya melihat dilingkungan kelurahan Pabuaran ini sudah sangat bagus, terutama tentang penataan lingkungan, pemberdayaan masyarakat serta pengelolaan sampah di masingn-masing Rukun Warga yang ikut berperan sebagai peserta dalam lomba KRL ini. Tentunya ini akan berdmpak positif bagi warga dan pemerintah pada umumnya," singkat Heri.

Heri juga menambahkan, pemerintah daerah juga sangat mendukung  kegiatan ini. Pasalnya, selain untuk memajukan kreatifitas dan perekonomian warga, juga akan berdampak pada kesuksesan program Indonesia Bebas Sampah 2020 yang sedang digadang-gadanglan oleh pemerintah pusat.


(titin)
Pembangunan nasional yang dimulai dari pinggiran dan desa-desa akan berjalan maksimal jika semua elemen masyarakat ikut mendukung. Termasuk, dukungan dari Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Membangun Desa Tertinggal Butuh Peran TNI", https://ekonomi.kompas.com/read/2015/11/20/170822826/Membangun.Desa.Tertinggal.Butuh.Peran.TNI.
Pembangunan nasional yang dimulai dari pinggiran dan desa-desa akan berjalan maksimal jika semua elemen masyarakat ikut mendukung. Termasuk, dukungan dari Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Membangun Desa Tertinggal Butuh Peran TNI", https://ekonomi.kompas.com/read/2015/11/20/170822826/Membangun.Desa.Tertinggal.Butuh.Peran.TNI.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Kelurahan Pabuaran Siap Berperan Sukseskan Program BKGC 2018 Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent