Latest News
Jumat, 27 Juli 2018

Komisi I DPRD Bekasi Setuju Pemilihan Panitia Pilkades Lambangsari Di Ulang


Kabupaten Bekasi-Berita Independent

Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi telah menerima pengaduan warga Desa Lambangsari, Kecamatan Tambun Selatan, terkait permintaan Pelaksanaan Pemilihan Panitia Kepala Desa (Pilkades) segera di ulang karena dinilai tidak sesuai Perbup Bekasi No.5 Tahun 2018 serta  sarat rekayasa dan tidak memenuhi unsur tata tertib pelaksanaan.

Dalam pengaduan warga ke Komisi 1 DPRD, Kabupaten Bekasi beberapa perwakilan warga yang mengatas namakan Aliansi Forum Masyarakat Lambangsari yang dikoordinatori Safrizal Yusri meminta Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi untuk menyatakan keberatan mereka atas pelaksanaan Musyawarah Desa (Musdes) tentang Pemilihan Panitia Pilkades Labangsari.
"Kami telah mengirim surat berisi sikap keberatan atas pelaksanaan Musyawarah Desa (Musdes) tentang Pemilihan Panitia Pilkades Lambangsari, karena pembentukan Panitia Pelaksanan Pilkades diduga sarat rekayasa oleh BPD Lambangsari, karena mereka memaksakan kehendak serta  tidak sesuai dengan mekanisme dan tata tertib yang ada,”ujar Safrizal saat audiensi dengan DPRD Kabupaten Bekasi,beberapa waktu lalu.

Safrizal Yusri menjelaskan, bahwa Panitia Pelaksanaan Pemelihan Kepala Desa  (Pilkades) Labangsari tidak mengacu pada Peraturan Bupati (Perbup) Bekasi Nomor 5 Tahun 2018, yang seharusnya BPD dapat mengatur dalam petunjuk pelaksanaan dan teknis (Juklak/Juknis) pelaksanaan tidak dijalankan sebagaimana mestinya.

Safrizal Yusri menegaskan,  "Dalam Perbup Bekasi No.5 tahun 2018 jelas-jelas ada aturannya malah diabaikan BPD, makanya Kami dari Aliansi Forum Masyarakat Lambangsari mengadukan ke Komisi 1 DPRD atas  ketidak puasan warga terkait Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa yang tidak Profesional serta tidak mengacu pada Perbup Bekasi No.5 Tahun 2018,"tandasnya.

Lebih lanjut Safrizal Yusri menambahkan, karena tidak dijalankannya tata terib pelaksanaan akhirnya berdampak kericuhan antar warga, karena BPD juga tidak menyampaikan berita acara secara tertulis, 
"Kami dari elemen masyarakat Lambangsari menolak segala keputusan Musdes, agar Camat dapat mengevaluasi dan meminta masukan Komis 1 DPRD Kabupaten Bekasi melakukan pemilihan ulang kembali Panitia Pelaksana Pilkades sesuai prosedur,” terangnya.

Sementara Plt Ketua BPD, Rudi Indrajit menyatakan bahwa pelaksanaan rapat Musdes (5/4) lalu sudah sesuai prosedur yang berlaku.
"Kami  selaku pihak BPD menganggap sah hasil voting Musdes, ini jalan terbaik yang saya ambil dan juga agar ketidak sepahaman ini tidak berlarut-larut," ujarnya.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD),  Beni mengatakan, bahwa proses yang telah dijalankan BPD Desa Lambangsari merupakan tahap persiapan.
"Makanya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menyerahkan sepenuhnya ke Pemerintah Desa Lambangsari, namun kami Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa akan meminta hasil keputusan Musdes secepatnya," ujar Beni

Beni menjelasakan, bahwa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) tidak keberatan jika pemilihan panitia Kades diulang.
"Kami gak masalah kalau mau diulang lagi silahkan itu tidak apa-apa karena Pemilihan Panitia Kepala Desa yang terpenting sudah kami terima hasil Musdesnya. Dan kalau memang kemarin tata tertibnya kurang rapi, segera dirapikan, karena itu kewenangan desa. Kami tinggal menunggu hasilnya,"ungkap Beni

Hal yang sama juga ditegaskan Jalika, Anggota DPRD Kabupaten Bekasi. Menurut dia, mekanisme Musyawarah Desa yang telah dilaksanakan tidak dapat diterima oleh warga desa Lambangsari.

"Karena saya juga bagian dari keluarga desa Lambangsari, dan jelas saya juga menilai bahwa Musdes kemarin adalah contoh kemunduran dalam demokrasi. Maka itu saya meminta agar pelaksanaan Pemiihan Kepala Desa diulang. Saya tidak mau ada keributan di Dapil saya," tegasnya.

Zainudin, Anggota DPRD Kabupaten Bekasi ini juga angkat bicara. Dia juga ikut meminta agar Musdes segera di ulang kembali dengan  dengan cara yang santun.


(Asep)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Item Reviewed: Komisi I DPRD Bekasi Setuju Pemilihan Panitia Pilkades Lambangsari Di Ulang Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent