728x90 AdSpace

Latest News
Thursday, May 3, 2018

Tumbuhkan Cinta Tanah Air, Unhan Gelar PCTA


Bogor-Berita Independent

Demi membangun rasa cinta terhadap tanah air, Universitas Pertahanan (Unhan) sebagai institusi pendidikan tinggi di bawah Kementerian Pertahanan dan Kemenristek Dikti menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi, yakni helatan Parade Cinta Tanah Air (PCTA).

"Acara ini di gelar agar Generasi Muda dapat menanamkan rasa cinta tanah air dan bela negara,"ujar Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Unhan, Megy Magdalena L, SH, MH kepada Berita Independent, Kamis (03/05) di Theater Gedung Auditorium Unhan, Kampus Bela Negara  Kawasan lPSC Sentul Bogor.

Rangkaian helatan PCTA yaitu, Parade Cinta Tanah Air (PCTA) Lomba Pidato dan Karya Tulis ilmiah Tingkat SMA/SMK/MA se Cabang Dinas Pendidikan (CADISDlK) Wilayah I dan II Provinsi Jawa Barat. Bertemakan, Teknologi dan Bela Negara Sebagai Kekuatan Generasi Muda Di Era Globalisasi.

Helatan PCTA yang dibuka langsung oleh Ketua LP2M Unhan, Megy Magdalena L, SH, MH mewakili Rektor Unhan Letjen TNI Dr. Yoedhi Swastanto, MBA ini dihadiri pejabat eselon I, ll dan III dilingkungan Unhan, Para Kepala Sekolah dan Guru Pembimbing serta perwakilan Siswa dari 14 SMA dan SMK se-Bogor yang mengikuti final lomba pidato dan karya tulis dalam program PCTA.

"Tujuan diadakannya acara yang dikemas dengan berbagai kegiatan mulai dari lomba pidato dan karya tulis PCTA ini diharapkan bisa menjadi ajang silaturahmi bagi seluruh siswa peserta lomba pidato dan Bela Negara.  Dan sebagai tim penilai lomba, kami menghadirkan dua Narasumber, yakni Kepala Cabdisdik Wilayah I Disdik Provinsi Jawa Barat Drs. Asep Sudarsono, S.Pd, MM. dan Kepala Cabdisdik Wilayah ll Disdik Provinsi Jawa Barat Dadang Ruhiyat, M.Pd," tegas Megy Magdalena.

Megy menambahkan, PCTA ini telah melalui beberapa tahapan diawali pengiriman karya tulis ilmiah, naskah dan rekaman pidato, untuk final lomba pidato dan karya tulis diikuti oleh 26 orang untuk lomba pidato dan 26 naskah karya tulis, final ini langsung dilaksanakan di depan para juri.

"Harapan kami,  generasi muda akan dapat memanfaatkan sebagian waktunya untuk kegiatan-kegiatan yang lebih positif dan bermanfaat baik bagi dirinya sendiri, lingkungan sekolah serta lingkungan keluarga dan masyarakat. Dan yang tidak kalah penting dari PCTA ini, dapat terus tumbuh rasa cinta tanah, semangat Bela Negara, rasa kebersamaan kekeluargaan, persatuan dan kesatuan bangsa bagi generasi penerus bangsa,” terang Megy.



Alhasil dari perhelatan PCTA, juri mengumumkan para juara. Yakni, Juara I Lomba Pidato diraih oleh Haikal Ghifary dengan nilai total 86.222 perwakilan dari SMA N 2 Kota Bogor, Juara II Siti Padilah nilai total 84.570 dari SMA N 7 Bogor, Juara III Ghefira Nur Fatimah nilai total 84.248 dari SMA N 2 Kota Bogor, Juara Harapan I diraih oleh Nelson Edowardo Aprillian nilai total 82.596 dari SMA N 7 Bogor, Juara Harapan II Angginun Juwita Sari Harahap nilai total 82.476 dari SMA N 1 Leuwiliang, Juara Harapan III Dian Agustin nilai total 82.264 dari SMA N 1 Jasinga.

Sedangkan untuk kategori lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) Juara I diraih oleh kelompok (Kezia Grace Abraham, Nazmi Kusumawantari, Rhea Oktaqiara) nilai total 411.46 perwakilan dari SMAN 2 Kota Bogor, Juara II Zahira Nur Arifah nilai total 407 dari SMKN 1 Kota Bogor, Juara III Kelompok (Feronia Mayliana dan Prameswy Paradibah Karmana) nilai total 403.45 dari SMAN 1 Ciampea, Juara Harapan I Jumadi Anwar nilai total 401.35 dari SMAN 1 Babakan Madang, Juara Harapan II Aldienannisa Devin Salsabila nilai total 394.7 SMAN 7 Kota Bogor, Juara Harapan III Kelompok (Alam Megantoro, Amalia Danti Safa Audia, Safina Handayani Pangestoe) nilai total 392.58 dari SMAN 4 Cibinong.
(Rieke)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tumbuhkan Cinta Tanah Air, Unhan Gelar PCTA Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent