728x90 AdSpace

Latest News
Saturday, May 12, 2018

SP3 Habib Riziq Timbulkan Pernilaian Miring Terhadap Mabes Polri


Jakarta-Berita Independent
 
Peneribitan Surat Perintah Penghentian Penyidikan atau SP3 kasus dugaan penodaan simbol negara, Pancasila dan pencemaran nama baik yang dilakukan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rzieq Shihab akhirnya menimbulkan penilaian miring di mata masyarakat. Kabar santer beredar bahwa penghentian kasus tersebut terlepas dari adanya bargain atau barter kasus. Namun, Mabes Polri menampik isu tersebut. 

Kepada media, Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto membantah adanya deal atau kesepakatan terselubung di balik penerbitan SP3 Habib Rizieq Shihab.

"Saya tegaskan di sini bahwa pengeluaran SP3 ini tidak ada deal-deal tertentu kepada siapapun dan pihak manapun. Disetopnya penyidikakn perkara itu murni kewenangan dari penyidik," tegas Setyo di gedung PTIK, Jakarta Selatan, kemarin.
 
Menurutnya,  surat penghentian penyidikan yang dikeluarkan penyidik sejak bulan Februari 2018 lalu merupakan kewenangan mutlak dari penyidik. Sehingga, dia berkilah bahwa tidak ada siapapun yang bisa melakukan intervensi.
 
"Sudah disampaikan penyidik kepada penasihat hukum Rizieq Shihab. Jadi itu saja," katanya.
 
Lebih lanjut Setyo menjelaskan, SP3 ini sendiri dikeluarkan lantaran penyidik menilai proses penyidikan perkara ini tidak memenuhi unsur pidana dalam perjalananannya. Sebab itu, kata dia, apabila diteruskan, tidak akan menemukan titik terang.
 
Menanggapi SP3 tersebut, Sekertaris Tim 11 Ulama Persaudaraan Alumni (PA) 212 Muhammad Al Khaththath mengklaim, SP3 tersebut merupakan hasil dari pertemuan dari Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu.
 
 

(Jup)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: SP3 Habib Riziq Timbulkan Pernilaian Miring Terhadap Mabes Polri Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent