Latest News
Kamis, 03 Mei 2018

Lagi, Pabrik Miras Di Jakarta Barat Berhasil Di Grebek Polda Metro jaya




Jakarta-Berita Independent
 
Sebuah rumah di Jalan Pekojan 1 RT 13/05 Kelurahan Pekojan, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat digerebek tim buru sergap (Buser) Direktorat Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya Subdit Industri dan Perdagangan (Indag), di duga Rumah dua lantai itu  dijadikan home industry minuman keras jenis ciu, Kamis (3/5).
 
Menurut informasi, pabrik atau gudang yang berubah fungsi milik Phang Ridwan Wijaya (58) ini memiliki beberapa orang pekerja dan  mampu memproduksi sebanyak 360 botol miras siap edar untuk satu kali produksi dengan meraup keuntungan hingga Rp1,4 miliar dalam setahun.

Kasubdit 1 Indag Ditreskrimsus Polda Metro Jaya AKBP Sutarmo menjelaskan awal penggerebekan rumah produksi miras yang dilakukan timnya.  

"Berawal dari kecurigaan masyarakat yang setiap hari memperhatikan aktifitas keluar masuk orang di lingkungan  pabrik berbentuk rumah. Kemudian, warga melaporkan ke pihak kepolisian. Lalu tim kepolisian dan masyarakat memanggil dan memeriksa pemillik usaha yang bernama Phang Ridwan Wijaya yang saat ini telah ditetapkan sebagai tersangka," terang AKBP Sutarmo kepada media, Kamis (3/5).

Menurut Sutarmo, dalam sehari pabrik miras ini bisa menghasilkan 15 dus ciu. "Satu dus itu isinya ada 24 botol. Jadi dalam sehari bisa 360 botol," tambahnya.

Diketahui ratusan botol miras jenis ciu itu juga diedarkan hampir ke seluruh wilayah DKI Jakarta yang menargetkan para pegadang besar untuk memasok ratusan miras produksinya untuk dipasarkan secara bebas.

Namun dalam peredaran miras itu, kawasan Jakarta Barat merupakan target pasar yang terbanyak dimana dari rumah berlantai tiga itu, polisi mengamankan ratusan drum ciu yang tengah difermentasi untuk dijadikan bahan dasar pembuatan miras ciu.

Dalam penggerebekan berhasil disita bahan dasar yang tengah di fermentasi sebanyak 220 tong dengan total 2.000 liter serta 3.325 botol ciu siap edar. 


(jup)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Lagi, Pabrik Miras Di Jakarta Barat Berhasil Di Grebek Polda Metro jaya Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent