728x90 AdSpace

Latest News
Wednesday, May 16, 2018

Jadebeta Siaga 1, 36 Ribu Polis dan TNI Disiapkan Jaga Ibu Kota

 
Jakarta-Berita Independent

 
36 Ribu lebih petugas kepolisian, anggota TNI dan Satpol PP disiapkan untuk mengamankan ibukota dari ancaman teror bom setelah  Polda Metro Jaya menetapkan status siaga 1 di wilayah Jakarta, Depok, Bekasi, dan Tangerang Selatan.
 
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan hingga saat ini Polri dan TNI melakukan patroli bersama, guna menjaga keamanan Ibukota.
 
"Sejak kemarin patroli ditingkatkan bersama TNI untuk keamanan Ibukota, dan belum ada batas waktu," ujar Argo kepada media, Selasa kemarin.
 
Argo Yuwomo, menyebutkan, semua petugas di berbagai Polres dan Polsek diperintahkan untuk melakukan patroli. 

"Kalau Polres dibantu Kodim, sementara Polsek dibantu Koramil. Namun saya tidak bisa menyebutkan secara rinci mengenai jumlah personel yang ada. Pokoknya ada puluhan ribu polisi siaga di Ibu Kota, belum ditambah dari TNI," terang mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur ini kepada media.

Lebih lanjut Argo Yuwono mengatakan, pengamanan di beberapa objek vital diperketat. Semisal di tempat-tempat ibadah, pusat keramaian, dan kantor pemerintahan.
 
"Kita merangkul masyarakat untuk ikut serta mengawasi. Jangan sampai kota kita ini disusupi oleh orang tak bertanggung jawab," ujar Argo di Polda Metro Jaya.
 
Disisi lain, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Pusat menyiagakan 120 personelnya untuk membantu pengamanan objek vital dan tempat ibadah. Ini sebagai antisipasi adanya gangguan keamanan dan ketertiban.
 
Kepala Satpol PP Jakarta Pusat, Rahmad Lubis mengatakan, pengamanan bersama tiga pilar dilakukan pihaknya di beberapa tempat. "Kita tempatkan di masing-masing kecamatan. Setiap regunya yang patroli berisi sekitar 10 anggota, dan ada penempatan per objek vital tiga sampai lima personel," ujar Rahmad.
 
Patroli juga disiagakan dari pukul 19.00WIB hingga menjelang dini hari. Khusus di Taman Monas patroli dilakukan dari pagi hingga pukul 22.00WIB.
 
Sebelumnya pasca ledakan bom di tiga gereja di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (13/5/2018) pagi, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Aziz memerintahkan jajarannya siaga, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan bersama. 
 
 

(Jup-ht)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Jadebeta Siaga 1, 36 Ribu Polis dan TNI Disiapkan Jaga Ibu Kota Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent