Latest News
Rabu, 16 Mei 2018

Gubernur Anies Himbau Warga Jakarta Jangan Panik


 
Jakarta-Berita Independent
 
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengimbau warga agar tetap tenang dan tidak panik atas kejadian teror bom yang terjadi di sejumlah daerah. Sebab, seluruh aparatur mulai dari kepolisian, TNI, pemerintahan dan pengurus RT, RW telah siap siaga menghadapi ancaman teror.
 
"Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tenang, tidak panik dan menunjukan sikap berlebihan," ujar Anies di Balaikota DKI, Jakarta Pusat, kemarin.
 
Anies mengajak warga agar segera melaporkan kepada aparat terdekat bila menemukan tanda-tanda mencurigakan. Laporan itu paling tidak bisa disampaikan ke Ketua RT dan RW setempat. "Semuanya posisi siaga dan siap untuk merespon," tegasnya.
 
Menurut Anies, pasca peristiwa bom bunuh diri di Surabaya, pihaknya telah berkomunikasi intensif dengan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).
 
"Alhamdulillah, Jakarta aman terkendali dan seluruh aparat kepolisian, Kodam, Satpol PP dalam posisi siaga. Seluruhnya lebih dari 36 ribu personel," tandasnya.
 
Sementara itu, pengamanan di Kompleks DPRD DKI Jakarta dan Balaikota nampak berbeda. Penjagaan lebih diperketat pada akses pintu masuk menuju parkiran yang mendapat penjagaan dari beberapa satuan pengamanan. 
 
Pasca peristiwa teror yang terjadi di Mako Brimob Depok dan Surabaya menjadi perhatian tersendiri oleh DKI Jakarta untuk memberikan rasa aman bagi para warganya terutama dilingkungan objek vital seperti Kompleks DPRD dan Balaikota.
 
Gubernur Anies mengatakan, peristiwa tersebut dijadikan sebagai bahan untuk pihaknya lebih waspada melihat potensi ancaman keamanan yang mungkin terjadi. Anies menyampaikan agar pihak keamanan yang berada di fasilitas-fasilitas negara menjalankan prosedur keamanan yang berlaku.
 
"SOP nya saja dijalankan terus, karena secara prinsip kita punya prosedur untuk pengamanan bagi mereka yang masuk fasilitas-fasilitas pemerintah," ujar dia.
 
Penetapan prosedur keamanan merupakan tindakan pertama yang harus dijalankan guna menjamin masyarakat mendapatkan rasa aman ditengah teror yang mengancam seperti saat ini.
 
Hal yang sama juga ditegaskan olehWakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. 
 
Dalam hal ini dia  meminta masyarakat tak takut datang ke pusat perbelanjaan atau mal di Jakarta. Ia memastikan mal di Jakarta dijaga dengan baik.
 
"Kita pastikan fasilitas publik termasuk mal terpantau. Belum ada laporan yang mencurigakan," ujar Sandiaga.
 
Menurut Sandiaga, dengan urungnya masyarakat ke pusat perbelanjaan, perekonomian bakal melemah. Padahal, Sandiaga berharap perekonomian warga melonjak jelang Lebaran.
 
"Apalagi kalau mal itu kan bergantung pada ekonomi dan bisa menggangu lapangan pekerjaan. Jangan sampai juga nanti memberatkan kita terutama memasuki bulan suci Ramadhan," ujar Sandiaga. 
 
Untuk diketahui, sempat terjadi bom bunuh diri di tiga gereja di Surabaya, Jawa Timur. Aksi teror itu, direncanakan dan dilakukan satu keluarga.
 
Bom meledak secara beruntun. Bom pertama di Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela sekira pukul 06.30. Berikutnya di Gereja Kristen Indonesia sekira pukul 07.15. Terakhir di Gereja Pantekosta Pusat Surabaya pukul 07.53. Peristiwa itu menyebabkan sebanyak 13 orang tewas dan 45 anggota jemaat gereja terluka. Senin pagi lalu, Mapolrestabes Surabaya pun menjadi sasaran bom.


(ht)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Gubernur Anies Himbau Warga Jakarta Jangan Panik Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent