728x90 AdSpace

Latest News
Friday, May 25, 2018

Baznas Kabupaten Bekasi Distribusikan Zakat Tahun 2018


Bekasi-Berita Independent
 
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bekasi mendistribusikan zakat di Kecamatan Tambun Selatan ditandai dengan penyerahan bantuan zakat secara simbolis kepada Camat Tambun Selatan Iman Santoso, beberapa waktu kalu. Zakat yang diberikan oleh Baznas Kabupaten Bekasi itu, rencananya akan kembali disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerima (masyarakat Miskin-Red).
 
Menurut H, Amin, pejabat perwakilan dari Baznas saat menyerahkan sumbangan zakat di halaman kecamatan Tambun Selatan, kegiatan penyerahan zakat dan bentuk sumbangan lainnya yang dilakjkukan Baznas merupakan kegiatan rutin setiap tahunnnya.

"Kegiatan ini merupakan bentuk realisasi program Baznas tahun 2018. Di tahun ini, penyerahan zakat berbentuk sembako, Baznas juga memberikan gerobak dagang pada masing-masing kecamatan satu unit. Dan saat ini, Baznas sudah menyalurkan zakat  ke semua kecamatan dan beberapa desa maupun kelurahan," ujar H. Amin kepada media.

Dalam kesempatan itu, H. Amin juga menjelaskan, Baznas Kabupaten Bekasi memiliki lima program yakni, Bekasi peduli, Bekasi taqwa, Bekasi cerdas, Bekasi sehat dan Bekasi mandiri.

"Baznas adalah lembaga yang mengelola zakat yang ada di kabupaten Bekasi. Baznas ini ada di  tingkat kabupaten, tingkat provinsi dan ada juga Baznas pusat dan pertanggung jawaban Baznas ini langsung kepada presiden. Baznas dikelola secara independen. Jadi zakat maupun sumbangan lainnya yang diterima oleh Baznas didapat dari potongan gaji PNS sebesar 2,5 persen ditambah lagi dari sumbangan langsung dari masyarakat yang mampu," ujarnya.
 
 Lebih lanjut H. Amin menambahkan, tugas pokok Baznas adalah meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berzakat, mengarahkan masyarakat dalam mencapai kesejahteraan baik fisik maupun non fisik, meningkatkan status mustahik menjadi muzakki melalui pemulihan, peningkatan kualitas SDM dan pengembangan ekonomki masyarakat, mengembangkan budaya 'memberi lebih baik dari pada menerima' di kalangan mustahik, mengembangkan manajemen yang amanah, profesional dan transparan dalam mengelola zakat, menjaga muzakki dan mustaki seluas-luasnya. Dan yang terakhir, memperkuat jaringan antara organisasi pengelola zakat, sebagai  Badan Amil Zakat.
 
"Kegiatan pokok Baznas  adalah menghimpun ZIS  dari MUZAKKI dan menyalurkan ZIS kepada mustahik yang berhak menerima sesuai ketentuan agama,"terangnya.

Sementara itu, Camat Tambun Selatan, Iman menyampaikan ucapan terimakasih kepada Baznas yang telah memberikan bantuan kepada beberapa Kelurahan atau Desa di wilayahnya  untuk selanjutnya diserahkan kepada warga yang tidak mampu. 
 
"Saya akan melaksanakan amanat yang diberikan Baznas dengan menyalurkan sumbangan ini kepada masyarakat yang tidak mampu. Dan untuk mempermudah penyaluran sumbangan ini, saya akan dibantu oleh kepala desa maupun lurah yang sebelumnya sudah mendata warganya yang benar-benar berhak menerima sumbangan ini," terang Iman.
 
Sementara salah seorang warga tidak mampu yang tidak mau disebutkan namanya pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada Baznas dan Camat karena telah terbantu oleh sumbangan tersebut.

"Saya seorang janda ditinggal mati memiliki anak tiga dan sangat terbantu dengan adanya sumbangan dari Baznas.Semoga yang memberikan sumbangan diberi rejeki dan umur yang panjang,"ujar ibu berinisial ID sembari menangis.



( Asep. S )
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Baznas Kabupaten Bekasi Distribusikan Zakat Tahun 2018 Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent