Latest News
Senin, 09 April 2018

PWO Deklarasikan Diri, Siap Melindungi Wartawan Online

 
 
Bogor-Berita Independent
 
Maraknya Media Online yang tersebar diberbagai Provinsi di Indonesia, membuat Dra Marnala Manurung membentuk sebuah himpunan wartawan online. Dan pada Sabtu (8/4) hingga Minggu (9/4) lalu, Perkumpulan Wartawan Online (PWO) akhirnya dideklarasikan disaksikan para wartawan online se-Indonesia.
 
Acara daklarasi yang berlangsung di Hotel Dirga Cibulan Puncak Bogor, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat selama dua hari inijuga dihadiri oleh Ketua Dewan Penasehat IPJI Mayjen TNI (purn) Hendardjie Soepandji, Ketua Umum IPJI Taufiq Rachman, Ketua Umum BPAN Bunda Rika serta ratusan awak media online dari berbagai portal berita mewakili wartawan online dari seluruh Indonesia.
 
Inisiator sekaligus Plt Ketua Umum PWO Independent,  Dra Marnala Manurung dalam sambutanya mengatakan, tujuan dari deklarasi sebagai wadah berhimpunnya seluruh wartawan online diseluruh pelosok tanah air.
 
“Kita harus saling bergandengan tangan meningkatkan kemampun, menjalankan kode etik jurnalistik dan sanggup berkomitmen tidak membuat berita bohong, sehingga dapat menimbulkan berita hoax,” ujar Marnala kepada Berita Independent.com.

Dalam kesempatan yang sama Mayjen TNI (purn) Hendardjie Soepandji mengatakan, media online memiliki peranan yang sangat penting sebagai pusat informasi bagi masyarakat banyak.
 
"Diera digitalisasi zaman (Milineal)  ini, media Online berperan sangat penting sebagai corong Imformasi dan sangatlah tepat dalam memberikan berita alternatif yang cepat, selain cukup efektif, media online juga sangat mudah diakses dimanapun melalui ponsel ataupun laptop disaat bepergian," ujarnya.

Meski demikian, lanjut Hendardjie, wartawan media online juga dituntut kemampuannya di bidang jurnalisnya agar lebih profesional dan berkualitas

Prihal legalitas perusahaan dari sebuah media online, PWO berjanji akan tetap  menjadi wadah organisasi bagi wartawan online tersebut. 
 
"Hal ini kita berikan agar hak-hak wartawan online tetap bisa diperjuangkan sampai perlindungan hukumpun kita berikan kepada rekan-rekan media online yang tergabung di PWO," tambah Marnala.
 
Hak yang sama juga di jelaskan Ketua Umum IPJI Taufiq Rachman, “Profesionalisme sebagian wartawan online dalam melakukan tugas sangat dibutuhkan langka. Dan dalam mencari berita pun wartawan online harus tetap menjunjung kode etik jurnalis dan ini menjadi kunci utama berita yang di sajikan kepada publik agar tidak menimbulkan berita hoak, bias, hate spech. Dan sebaliknya, beritapun harus tegas, aktual,  berimbang serta profesional,” tuturnya.
 
Tak dapat di sangkal ketika wartawan menjalankan tugas jurnalisnya, tidak sedikit yang mengalami intimidasi, penghalangan bahkan sampai pada penganiayaan. Diiharapkan, PWO bisa menjadi pelindung bagi rekan-rekan wartawan, khususnya wartawan online.

 
(Hidayat)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: PWO Deklarasikan Diri, Siap Melindungi Wartawan Online Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent