Latest News
Jumat, 13 April 2018

Kecamatan Cibinong Sukses Gelar Kegiatan SIBAT



Cibinong-Berita Independent
Melalui pendekatan pelaksanaan program Pengurangan Risiko Terpadu Berbasis Masyarakat (PERTAMA) PMI mencoba membangun ketangguhan masyarakat dalam menghadapi kejadian Bencana, serta berkontribusi kepada program pemerintah untuk menciptakan Desa/kelurahan tangguh Bencana, khususnya di wilayah Kecamatan Cibinong, Kabupaten bogor.
Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) yang digelar se-Kecamatan Cibinong merupakan wadah pembinaan (kegiatan) Masyarakat yang dikembangkan PMI  bersama para kader dari seluruh kelurahan yang ada di lingkungan Kecamatan Cibinong.
Dengan Visi dan Misi PMI, Anggota SIBAT melaksanakan fungsi terdepan dalam meningkatkan kapasitas masyarakat dibidang Kesiapsiagaan dan Tanggap Darurat bencana secara menyeluruh dan berkelanjutan.  
"Anggota SIBAT sebagai Sukarelawan yang ada di Kecamatan Cibinong akan mengajak masyarakat lainnya untuk terlibat dalam kegiatan kemanusiaan, sehingga kepedulian masyarakat terhadap masalah-masalah kemanusiaan semakin meningkat terutama dalam hal Pengurangan Risiko Bencana. Selain untuk menyiapkan masyarakat tangguh dalam merespon kejadian Bencana, kader-kader di tiap-tiap kelurahan se-kecamatan Cibinong juga memfasilitasi masyarakat yang tergabung dalam sukarelawan SIBAT untuk dapat melakukan aksi-aksi mitigasi yang termasuk didalamnya terkait dengan isu lingkungan, adaptasi perubahan iklim, ketahanan pangan, kesehatan bahkan menyiapkan mereka untuk dapat memiliki alternative kemata pencaharian dimiliki," ujar Kepala kecamatan Cibinong, Drs. Bambang W.Tawekal M.Si kepada Berita Independent, di Cibinong, kemarin.
"Program pelatihan SIBAT ini ,merupakan kerjasama PMI dengan kelurahan se-kecamatan Cibinong. Program ini bertujuan sebagai pasukan gerak cepat dari masyarakat setempat dalam menghadapi kemungkinan terjadinya berbagai bencana di sekitar masyarakat itu sendiri," imbuh Sekcam Cibinong, Andri Rahman menambahkan statement Camat Bambang.
Ditempat yang sama, Merry selaku Koordinator Lapangan kegiatan SIBAT mengatakan, latihan gabungan ini diharapkan akan menjadi pemicu dan motivasi bagi sukarelawan SIBAT yang telah dibentuk agar lebih semangat dalam membangun desa/kelurahannya dengan pertimbangan pengurangan risiko Bencana, selain itu sebagai bagian dari promosi Nasional bahwa PMI saat ini telah mendukung program pemerintah dan sebagai bukti untuk advokasi terhadap keberlanjutan keberadaan SIBAT dan pengakuan di tingkat desa atau kelurahan.
 

"Cakupan program ini  sebetulnya hanyalah 3 Kelurahan di kecamatan Cibinong, namun atas inisiatif dari Camat Cibinong, maka 10 Kelurahan  lainnyapun diikut  sertakan dalam program ini," ujar Merry.

"Memang benar. Kita sekaligus memperluas  kegiatan SIBAT ini agar merata di 13 Kelurahan yg ada di Kecamatan Cibinong, dan diharapkan dengan adanya kegiatan SIBAT ini masyarakat mampu dan berdaya lebih terampil dalam  mengatasi berbagai masalah yang diakibatkan oleh bencana alam," tambah Andri yang juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada para lurah se-kecamatan Cibinong yang sudah mendukung kegiatan SIBAT baik dari materi maupun tenaga.
(dadi)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Kecamatan Cibinong Sukses Gelar Kegiatan SIBAT Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent