Latest News
Rabu, 25 April 2018

Kapal Dishub DKI Meledak, Pemprov DKI Harus Audit SKPD


Jakarta-Berita Independent

Baru-baru ini, tepatnya Sabtu (21 April 2018) Kapal cepat milik Dinas Perhubungan DKI terbakar di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Jakarta Utara mengalami musibah kebakaran mesin. Sekitar 45 orang yang saat itu sedang menumpangi kapal yang di nahkodai Abdullah ini panik. Akibatnya, 9 orang yang duduk dibagian belakang kapal ikut terluka bakar.

Salah seorang saksi, Iqbal kepada media mengatakan, korban rata-rata mengalami luka bakar dan satu orang mengalami patah kaki. "Sementara, nahkoda kapalnya berikut 4 ABKnya alhamdullillah selamat," ujar Iqbal.

Sementara berdasarkan hasil pengecekan kapal dan keterangan dari Kapolres Kepulauan Seribu, AKBP Victor Siagian,  didapati bagian yang meledak adalah mesin di bawah tangki.

Ditempat terpisah, pengamat perkotaan dari Universitas Trisakti, Yayat Supriyatna prihal musibah kebakaran kapal Dishub DKI mengatakan, setiap musibah terkait asset dan perawatan, itu harus di telusuri apalagi soal kendaraan transportasi.

"Cek ke anggaran di APBD, ada atau tidak biaya perawatan atas kapal itu. Kalau ternyata ada anggarannya, tetapi masih ada kerusakan. Itu patut dipertanyakan. Dan SKPD-nya wajib di audit," ujar Yayat.

Lebih lanjut Yayat menambahkan,  pengauditan juga harus dilakukan secara terbuka dan harus dilakukan oleh Pemprov DKI sehubungan dengan hasil investigasi dari pihak kepolisian.

"Hal itu tentunya untuk mengetahui apakah ada kelalaian didalamnya yang menjadi penyebab terjadinya  kecelakaan kapal. Jika benar ada kelalaian serta unsur kesalahan yang menjurus ke pidana, maka pihak kepolisian bisa memproses ke ranah hukum. Pemprov DKI juga harus ikut bertanggung jawab atas kecelakaan yang banyak menimbulkan korban banyak,” tegas Yayat.

Yayat kembali mengingatkan, aset perlu dirawat secara maksimal dengan pemantauan yang rutin. Yakni, dipantau setiap bulan sekali dan 4 bulan sekali atau 6 bulan sekali.

"Perawatan itu kan bisa berkala atau rutin dan di cek suku cadang original atau kawe yang selama ini sangat rawan. Kalaupun ada pelanggaran suku cadang dan penyimpangan itu sudah seharusnya dilakukan audit dengan melibatkan pihak berwajib terhadap pejabat berwenang," tegas Yayat mengakhiri.

(sk)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Kapal Dishub DKI Meledak, Pemprov DKI Harus Audit SKPD Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent