728x90 AdSpace

Latest News
Friday, April 6, 2018

Camridge Analytica Rawan Penyalahgunaan Data Pribadi

 
                                                                                                                                                                                    Poto: ist



Jakarta-Berita Independent

Jika membandel, kami tak akan segan-segan menutup dan memblokir layanan social media seperti Facebook di Indonesia. Ancaman itu muncul dari Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informasi.

Ya, pernyataan itu langsung diutarakan Rudiantara meminta Facebook untuk menutup aplikasi pihak ketiga karena penyalahgunaan data penguuna oleh Cambridge Analytica melalui aplikasi pihak ketiga berupa kuis.


"Kami minta Facebook untuk melakukan shutdown atas aplikasi yang dikerjasamakan dengan pihak ketiga, terutama kuis-kuis semacam Cambridge Analytica. Itu dimatikan dulu di Indonesia," ujar Rudiantara di Gedung Kemkominfo, Jakarta, Kamis, setelah melakukan pertemuan dengan pihak Facebook.
Rudiantara juga meminta audit dari Facebook atas aplikasi yang dikerjasamakan dengan pihak lain agar tidak sampai berdampak pada masyarakat Indonesia.
Semua media sosial, termasuk Facebook harus patuh dengan aturan di Indonesia, kata dia, terutama pada Peraturan Menteri Kominfo Nomor 20 tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi karena kasus Cambridge Analytica soal data pribadi.
Selain sanksi adminstrasi berupa teguran lisan dan tulisan, sanksi yang berkaitan dimungkinkannya hukum badan atau pidana, telah dikoordinasikan dengan Kapolri.
"Meski ini bukan delik aduan, jadi ini deliknya delik umum, tetapi kami bekerja sama untuk memprosesnya. Dan jika ini tidak diindahkan, maka kami tak akan segan-segan menutup dan memblokir layanan social media seperti Facebook ini, " ucap dia.
Rudiantara pun mengimbau masyarakat, tidak menggunakan media sosial dulu dan menunggu sampai seluruhnya tertata dengan baik, apalagi berkaitan dengan penyalahgunaan data pribadi pengguna media sosial.
Apabila tidak dapat menahan keinginan mengakses media, ia berpesan agar masyarakat hati-hati mengenai informasi yang ingin dibagikan di media sosialnya.
"Kita sering begitu aja mudah menerima kalau diminta macam-macam, jadi timbang apa yang ingin dibagi atau menyerahkan informasi di platform media sosialnya," ucap Rudiantara.
Ada pun Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia Ruben Hattari mengatakan kerja sama dengan pihak ketiga akan diaudit untuk menghindari skandal seperti Cambridge Analytica terjadi kembali.
(Jup)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Camridge Analytica Rawan Penyalahgunaan Data Pribadi Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent