728x90 AdSpace

Latest News
Thursday, April 12, 2018

Buser Jatanras Polda Metro Jaya Bekuk Tiga Penipu Modus Kapolsek

                                                                                                                                                                                  Poto: ist


Jakarta-Berita Independent

Sindikat penipuan bermodus mengaku-ngaku sebagai Kapolsek dan keluarga korban, akhirnya berhasil dibekuk Tim Buru Sergap (Buser) Subdit Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya.



Wadirkrimum Polda Metro Jaya AKBP Ade Ary Syam mengatakan ketiga pelaku yang ditangkap yaitu TM (51), RM (42), dan ES (49) dimana TM awalnya mencari informasi korban dari media sosial.



"Metodenya mencari korban mereka dengan googling, mereka mencari korban yang punya kekerabatan asal daerah yang sama. Mereka berasal dari Sumatera Utara," ujar Ade di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (11/4/2018).


Ade menjelaskan, TM menelepon salah satu korban bernama Eiko Sihombing dan kepada Eiko, TM mengaku sebagai Kapolsek di Papua dan akan dimutasi menjadi Kapolsek Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

TM lalu menceritakan kepada Eiko tentang silsilah keluarga. Dia mengaku berasal dari marga yang sama dengan Eiko.

"TM kemudian memanggil korban Bapak Uda, yang artinya korban adalah adik dari bapak TM," beber Ade.

Kemudian komunikasi keduanya terus berlanjut sampai akhirnya TM meminta bantuan kepada Eiko. TM mengaku akan membeli rumah di kawasan Cibubur. Namun TM harus mengambil sertifikat dari kantor notaris sebesar Rp10 juta dan Eiko terperdaya lalu mengirimkan uang kepada TM.

TM juga mengatakan uang untuk mengambil sertifikat rumah ternyata kurang Rp22 juta. Dia juga menyuruh tersangka lain RM untuk berkomunikasi dengan Eiko terkait sertifikat rumah tersebut. Hingga TM menghubungi Eiko kembali dengan dalih barang-barang yang dikirim di Papua tertahan di Pelabuhan Tanjung Priok. Dia meminta uang sebesar Rp33 juta, Eiko kembali mengirimnya uang.
Parahnya lagi TM menawarkan motor Harley Davidson dengan harga Rp750 juta padahal motor itu dibeli dengan harga Rp250 juta. TM meminta Eiko untuk membayar uang DP agar motor tersebut tak dijual kemana-mana.

Saat itulah Eiko curiga dirinya telah ditipu lantas segera melaporkan kejadian tersebut ke Polda Metro Jaya, dan Buser meluncur menangkap tiga tersangka TM, RM dan ES di Mayestik, Jakarta Selatan pada Jumat (6/4/2018).

Kasus ini dikembangkan dan diketahui ES berperan menyimpan uang dari hasil kejahatan ketiganya akhirnya diketahui telah melakukan penipuan dengan modus tersebut sebanyak 20 kali.

Buser berhasil menyita sejumlah barang bukti berupa ponsel, kartu ATM, tiga unit mobil, dan uang sebesar Rp1,1 juta. Atas perbuatannya, para tersangka dijerat pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 4 tahun.

(Jup-ist) 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Buser Jatanras Polda Metro Jaya Bekuk Tiga Penipu Modus Kapolsek Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent