Latest News
Rabu, 18 April 2018

BPBD Kabupaten Bogor Dapat "Serangan Fajar" FORMAT

Demontran di gedung BPBD Kab. Bogor
Cibinong-Berita Independent

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor dianggap lamban dalam menangani dan memberikan bantuan kepada korban bencana alam yang akhir-akhir ini terjadi di wilayah kabupaten Bogor.

Kekekcewaan masyarakat Bogor atas kinerja anak buah Bupati Hj. Nurhayanti ini di ekspresikan oleh  beberapa Ormas yang tergabung kedalam Forum Masyarakat Penyelamat Bogor (FORMAT) dengan cara menggelar demo didepan gedung BPBD Kabupaten Bogor,  Rabu (18/4).

Hadir dalam orasi, Imam Sunarya dan Puput sebagai Koordinator Demo didampingi Ketua MPB Atiek, Ketua Forkawan, Richard Purba.

"Apapun bentuk bencana yang terjadi di Kabupaten Bogor ini, pihak BPBD tidak serta merta membantu masyarakat yang mengalami bencana. Apalagi baru-baru ini,kejadian bencana alam beruntun di alami masyarakat di kabupaten ini," ujar Atiek di sela-sela aksi demo damai  yang diikuti oleh puluhan massa  ini.

Hal yang sama juga diutarakan Richard Purba, menurut Koordinator Aksi dari elemen Forkawan ini, ada beberapa tuntutan yang diajukan para demonstran.

"Kami sepakat untuk menuntut pemerintah daerah dalam hal ini BPBD agar lebih serius menangani korban bencana alam. Kedua, Segera penuhi permintaan para korban bencana alam, seperti bantuan berupa konsumsi maupun rumah tinggal pengganti untuk para korban yang rumahnyan hancur karena bencana alam seperti longsor. Ketiga, Evaluasi kinerja pemerintah Kabupaten Bogor," papar Richard kepada Berita Independent.

Ditempat yang sama, Puput selaku koordinator demonstran mengatakan, kekecewaan warga Bogor terhadap kinerja Pemkab dan DPRD Kabupaten Bogor mencapai puncaknya. Mereka juga menuntut agar pemerintah daerah dan DPRD bisa lebih tegas dalam memimpin Kabupaten Bogor, begitupun DPRD Kabupaten Bogor, agar melakukan tranfaransi dalam penggunaan anggaran agar pembangunan di Kabupaten Bogor tercipta dengan baik dan jujur.

Sementara Deden, mewakili pihak BPBD saat menemui para demonstran berjanji akan mewujdukan aspirasi para demontran.

"Kami akan segera menanggapi dan mempersiapkan semua tuntutan yang diminta oleh masyarakat Bogor yang terkena bencana alam. Dan sebagai bukti keseriusan kinerja, kami bahkan telah membenytuk unit-unit tanggap bencana alam di masing-masing desa. Hanya saja, terus terang kami terkenda;a dengan dana. Karena anggaran yang dikeluarkan untuk satu tahun hanya bisa dipergunakan untuk satu desa saja," ujarnya.

Lebih lanjut Deden mengatakan, sampai saat ini pihak BPBD telah mengerahkan 700 relawan internal untuk tanggap bencana.

"Para relawan itu tersebar di 40 kecamatan, dan ini dibantu juga oleh PMI dengan program SIBAT mereka,"tegas Deden di hadapan para perwakilan demonstran.


(dadi)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: BPBD Kabupaten Bogor Dapat "Serangan Fajar" FORMAT Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent