Latest News
Selasa, 10 April 2018

AWDI Dampingi 17 KK Pemilik Bangunan Di Kav. Sari Indah Residence Dalam Mengurus Administrasi

 
 
Jakarta-Berita Independent

Tanah dan bangunan permanen seluas kurang lebih 5273 meter yang berada di jalan Pandan Wangi Kav. Sari Indah Rt.0012/09 Kelurahan Kelapa Dua Wetan Kecamatan Ciracas Kota Administrasi Jakarta Timur benar benar milik Masim Bin Biling, namun sebagian sudah di oper alih kepada pihak Efan Saputra (almarhum) sebagai pemilik Kavling Sari Indah Residence.
 
Pernyataan itu dijelaskan Budi Wahyudin selaku Ketua Tim Investigasi  Asosiasi Wartawan Demokrasi Indonesia (AWDI) di Jakarta, Senin (9/04/2018) kepada media.

“Berdasarkan hasil Tim Investigasi AWDI dan adanya  Akta Perjanjian Jual Beli dengan Nomor : 01126/SPJL/VI/2008 Tertanggal 12 Juni 2008 berikut tanda bukti penerimaan uang di atas kwitansi yang dibubuhi materai, maka bukti semakin kuat atas kepemilikan tanah tersebut," tutur Budi.

Lebih lanjut, Budi menjelaskan, sebagian tanah  seluas 3122 meter  tersebut dalam dokumen sudah di oper alihkan kepihak Almarhum Efan Saputra yang kini dijadikan Kav. Sari Indah Residence dengan dihuni oleh 17 KK.

Pemilik Sari Indah Residence Efan Saputra meninggal dunia sebelum urusan administrasi kepemilikan lahan terselesaikan, otomatis semua urusan warisan dialihkan kepada ahli waris dari Efan Saputra, Sofyan Saputra.

Sebagai ahli waris, Sofyan Saputra pun langsung mengambil alih tugas ayahnya. Salah satunya menyelesaikan pengurusan permasalahan tanah yang ditinggalkan ayahnya.

Upaya untuk mengembalikan haknya, Sofyan di dampingi  pengurus DPP AWDI  dan juga 17 kepala keluarga yang menghuni lahan Kavling tersebut mengurus segala administrasi atas lahan tersebut agar tidak ada permasalahan dikemudian hari.

“Dari hasil investigasi yang kami lakukan, selain dengan adanya bangunan permanen milik 17 KK yang berdiri diatas lahan kavling tersebut sejak 8 tahun silam, ditambah lagi surat  jual beli diatas segel tertanggal 12 Juni tahun 1960 yang mana Masim bin Biling telah membeli tanah tersebut dari Tjikih bin Seran ini jelas tercatat dalam Girik PHB C Nomor 34 Persil 6b SIII dan terdaftar dalam buku induk Leter C Kelurahan, dan selanjutnya Girik PHB 34 tersebut telah Beralih ke Girik C 453 Persil 6b SIII Desa Kelapa Dua Wetan, dahulu Kec.Pasar Rebo. Kemudian di perkuat oleh Leter C dan Keterangan Riwayat Tanah Oleh Kepala Kantor Agraria Jakarta Timur dengan No.1245/X/II/1977, maka status tanah tersebut, saya jelaskan tidak dalam sengketa kepada pihak pihak lain, dan kalaupun ada maka tidak termasuk pada tanah yang telah di operalihkan kepada pihak Efan Saputra (Kav. Sari Indah Residence-Red), dan kemudian di over alih kan kembali secara kredit kepada para penghuni lahan yang sudah mendirikan bangunan selama 8 tahun di atas tanah bekas milik Masim," papar Budi degan nada tegas.

Penjualan lahan tanah kavling yang dilakukan oleh almarhum Efan Saputra kepada 17 orang yang telah membangun rumah diatas tanah tersebut juga disertai surat perjanjian jual beli. 
 
"Jadi saya tegaskan, jangan ada lagi pihak-pihak yang mempersulit 17 kepala keluarga pemilik bangunan diatas lahan bekas milik Masim  ini saat melakukan  pengurusan administrasi dan hendak meningkatkan haknya atas tanah yang ditempatinya," tegas Budi mengakhiri kalimatnya,



(A.Hidayat)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: AWDI Dampingi 17 KK Pemilik Bangunan Di Kav. Sari Indah Residence Dalam Mengurus Administrasi Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent