728x90 AdSpace

Latest News
Monday, April 2, 2018

Akhirnya Anwar Usman Jadi Ketua MK



 
 
Jakarta-Berita Independent
 
Anwar Usman resmi menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) yang baru untuk periode lima tahun ke depan, 2018-2020. Pemilihan dilakukan melalui voting yang digelar pagi tadi, Senin (2/4/2018) di ruang panel 2, Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat oleh sembilan hakim konstitusi.
 
Posisi Anwar Usman yang diambil dari voting berdasarkan suara terbanyak dalam Rapat Pleno Hakim Konstitusi (RPH) yang terbuka untuk umum sempat memunculkan dua nama Hakim Konstitusi, yaitu Anwar Usman dan Suhartoyo. Adapun hasil voting tersebut adalah Hakim Konstitusi Anwar Usman mendapat lima suara dan Hakim Konstitusi Suhartoyo menmperoleh empat suara. Alhasilnya, Hakim Konstitusi Anwar Usman terpilih sebagai Ketua MK untuk jabatan periode 2018 hingga 2020.
 
"Berdasarkan hasil voting ini, maka ditetapkan Yang Mulia Hakim Konstitusi Anwar Usman sebagai Ketua MK terpilih periode 2018 hingga 2020," ujar Anwar Usman yang juga memimpin jalannya RPH di Gedung MK Jakarta, Senin (2/4/2018).

 
Dalam pemilihan ini, setiap hakim konstitusi berhak mencalonkan dan dicalonkan sebagai Ketua MK.
 
Terdapat delapan orang hakim konstitusi yang memiliki hak yang untuk memilih dan dipilih sebagai Ketua MK yaitu; Anwar Usman, Aswanto, Maria Farida Indrati, Wahiduddin Adams, I Dewa Gede Palguna, Suhartoyo, Manahan Sitompul, dan Saldi Isra.
 
Sedangkan Arief Hidayat tidak lagi mempunyai hak untuk dipilih sebagai ketua MK sesuai dengan Pasal 4 ayat (3a) UU MK dan Pasal 2 ayat (6) PMK Nomor 3/2012.
 
Hal tersebut mengingat Arief telah dua kali dipilih menjadi Ketua MK, pada 7 Januari 2015 lalu, menggantikan Hamdan Zoelva. Kemudian, Arief kembali terpilih sebagai Ketua MK pada pemilihan yang diadakan pada 14 Juli 2017.
 
(dev)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Akhirnya Anwar Usman Jadi Ketua MK Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent