728x90 AdSpace

Latest News
Tuesday, March 27, 2018

Pengelola Baru Pasar Citereup II Beri Solusi Keberuntungan Bagi Pedagang


Bogor-Berita Independent

Kisruh yang pernah terjadi di dalam PT Javana Artha Buana (JAB) sampai saat ini menyisakan polemik bagi nasib para pedagang yang menyewa kios di Pasar Citereup II. 

Berawal dari permasalahan 'pecah kongsi' antara Pemodal dengan pengelola yang masih tergabung di dalam PT JAB hingga ke ranah pengadilan dan putusanpun dimenangkan oleh pihak pemodal yang akhirnya kini menjadi pengelola pasar Citereup II, nasib pedagang yang kesehariannya menjajakan dagangan tradisionalnya di kios yang mereka sewa dari PT JAB mulai tidak jelas.

Jeritan para pedagang pasar Citereup II ini pun telah diturunkan sebelumnya di Berita Independent pada tanggal 22/3/2018 lalu. 

Menanggapi keluhan para pemilik kios maupun pedagang yang melakukan aktifitas di pasar Citereup II, Direktur PT JAB, Ronny kepada Berita Independent menjelaskan duduk permasalahan yang terjadi antara pedagang maupun pemilik kios dengan pihak pengelola pasar yang baru. 

"Jujur saja, Kita juga sesungguhnya sangat dirugikan dengan permasalahan yang terjadi saat ini. Coba bayangkan, tahun 2005 pihak saya (sebagai pemodal saat itu) sudah dinyatakan menang saat menggugat Pengelola pasar Citereup  yang masih di bawah payung PT JAB  oleh Pengadilan Negeri Cibinong, dan di tahun 2008 sudah inkrah, kemudian pelaksanaan eksekusi baru diserahkan ke kita pada akhir 2012. Dan semasa transisi pra penyerahan inilah rupanya pengelola lama yang juga dari PT JAB melakukan penjualan secara diam-diam,"tegasnya.

Lebih lanjut Ronny mengatakan, selaku pihak pengola pasar, PT JAB akan memberikan kemudahan kepada pedagang maupun penyewa kios saat ini dengan memberikan harga yang relatif murah yakni dengan tarif lama. Bahkan bisa dengan menggunakan cara mencicil. 


"Justru dengan dilakukan registrasi ulang terhadap para pemilik kios dan lapak (loss) yang terimplementasi melalui perpanjangan kontrak kepemilikan untuk tujuh tahun berikutnya (hingga 2032-Red) para pemilik kios dan lapak (loss) akan lebih terlindungi lagi.  Mereka akan mendapatkan Sertifikat langsung dan bukan hanya berupa Surat pernyataan jual-beli yang isinya tidak jelas sebagaimana yg mereka miliki saat ini," imbuh Ronny. 
Penawaran yang dikemukakan Ronny disatu sisi sangat menguntungkan bagi pedagang maupun pemilik kios mengingat putusan Pengadilan Negeri Cibinong yang sudah dimenangkan oleh pihak pengelola pasar dari kubu Ronny. Bisa jadi, itu artinya, nasib pedagang maupun pemilik kios di pasar Citereup  sudah menjadi "korban" dari pengelola sebelumnya yang telah melakukan transaksi jual beli kios saat masa transisi pra penyerahan (perpindahtanganan) dengan pengelola baru yang awalnya berstatus sebagai pemodal di perusahaan yang sama.
(dadi)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pengelola Baru Pasar Citereup II Beri Solusi Keberuntungan Bagi Pedagang Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent