728x90 AdSpace

Latest News
Sunday, March 25, 2018

GPPM-GIBAS Siap Bersinergi Dengan Disdik Kabupaten Bogor






Cibinong-Berita Independent

Demi menciptakan pemuda yang berwawasan luas serta memliki daya saing, Ormas Gabungan Inisiatif Barisan Anak Siliwangi (Gibas)/GPPM-GIBAS Kabupaten Bogor menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor dengan ditandai MoU.

Jalinan kerjasama yang juga melibatkan beberapa ormas lainnya, seperti JPKP dilakukan guna mensinergikan berbagai rencana program dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor. Untuk itu, GPPM-GIBAS melaksanakan Rapat koordinasi Gabungan (RAKORGAB) dengan JPKP untuk memnbahas program-program selanjutnya (seperti yang tertuang dalam MoU-Red), Sabtu (24/3) di sekretariat DPD JPKP, Bogor.

"Adapun yang kami bahas dalam RAKORGAB ini adalah; Pembentukan Satgas Pelajat Gabungan antara GPPM-GIBAS dengan JPKP. Kedua, Penyuluhan ke berbagai sekolah sebagai upaya pencegahan dini atas terjadinya berbagai kerawanan yang mungkin terjadi. Ketiga, Menyelenggarakan berbagai kegiatan lainnya seperti melakukan razia dan hal lainnya yang dianggap perlu di berbagai tempat yang diindikasikan sebaga asal mjuasal terjadninya kerawanan dalam kalangan pelajar pada khususnya dan dunia pendidikan pada umumnya," ujar Ketua PK Cibinong, Sam Saputra mewakili Ketua Resort Kabupaten Bogor.

Lebih lanjut Sam menambahkan, Tim gabungan pelaksana program Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor ini juga melakukan Konsolidasi ke Satgas Kecamatan yang dimulai dengan pengumpulan data sekolah di setiap kecamatan  serta mensinergikan kegiatan bersama dalam menyelesaikan permasalahan. "Selain itu, kami juga akan melakukan penyuluhan ke warung, rental internet maupun mall, a gar melarang siswa yang datang di jam sekolah dan juga berpakaian seragam sekolah. Kemudian, setiap anggota Satgas juga akan dilengkapi KTA Satgas dan Tanda PIN Khusus yang bernomor seri atau barcode," tambah Sam menjelaskan.

Seperti diketahui, dari sekian banyak lembaga pendidikan, peran organisasi masyarakat (ormas) begitu menonjol, di samping yayasan-yayasan yang dikelola pribadi atau kelompok. Maka itu, Dinas Pendidikan sangat membutuhkan peranan organisasi masyarakat dalam mendukung terlaksananya program-program yang sudah di rencanakan di Kementrian Pendidikan yang selanjutnya di teruskan di Dinas Pendidikan di berbagai daerah.

"Sektor pendidikan sendiri, sejatinya bukan melulu tanggung jawab pemerintah. Semua elemen masyarakat turut bertanggung jawab demi memajukan pendidikan yang akan menjadi kawah candradimuka bagi peningkatan kualitas anak bangsa. Dan nyatanya, saat ini pemerintah hanya bisa menyelenggarakan sebagian kecil lembaga pendidikan yang berlabel sekolah atau perguruan tinggi negeri. Dalam pendidikan tingkat dasar dan menengah, peran pemerintah memang masih sangat besar. Hal itu bisa terlihat dari masih besarnya porsi sekolah negeri di tingkat SD, SMP, hingga SMA. Namun disisi lain, pemerintah juga membutuhkan peranan Ormas maupun LSM untuk mengarahkan para siswa menjalani kegiatan yang positif dan membangun," papar Sam.

Lebih lanjut Sam juga menjelaskan isi dari perjanjian kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor adalah, bersama-sama melakukan pencegahan tawuran. penyalah gunaan narkotika/narkoba, pelecehan seksual, penyimpangan teknologi infomasi dan sejenisnya terhadap pelajar di wilayah Kabupaten Bogor.

"Sinergi dengan Satuan Tugas Pelajar Kecamatan dalam melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pelajar di wilayah Kabupaten Bogor. Bersama menciptakan lingkungan kondusif dan bersinergi denga instansi/lembaga lain dalam menanggulangi permasalahan pelajar di beberapa wilayah." ujar Sam mengakhiri perbincangan.
 

 (Dedi)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: GPPM-GIBAS Siap Bersinergi Dengan Disdik Kabupaten Bogor Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent