Latest News
Senin, 26 Maret 2018

Banyak Bangunan Di Kabupaten Bogor Tanpa Mengantongi IMB


Illustrasi Bangunan Di Kabupaten Bogor
Bogor-Berita Indepedent. 
Pemkab Bogor dianggap tidak ada ketegasan dalam  menjalankan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 23 Tahun 2000 tentang Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).

Pasalnya, dari ribuan bangunan baik perumahan maupun bangunan komersial lainnya seperti pertokoan dan rumah tinggal yang berdiri tanpa melengkapi perijinan semakin menjamur baik di kawasan wilayah Kabupaten Bogor, sektor perumahan yang dibangun oleh developer  di pemukiman warga kampung di berbagai kecamatan dan desa.

Kasus bangunan yang tidak mengantongi IMB ini bukanlah barang baru terjadi di wilayah Pemkab Bogor. Pemerintah Kota atau Kabupaten melalui Dinas Tata Kota seharusnya mengerti soal ini, apalagi sampai merugikan rakyat, mengingat sektor perizinan akan memberikan nilai tambah pemasukan PAD bagi pemerintahan daerah itu sendiri.

Menjamurnya pengusaha atau developer perumahan sering kali melakukan pembangunan terlebih dahulu ketimbang mengurus perijinannya. Hal yang demikian haruslah ada pengawasan dari pihak terkait dari Pemerintahan Daerah setempat.

Sementara itu, Harianto, salah seorang pemerhati pembangunan di Kabupaten Bogor, ketika dikonfirmasi perihal ini mengatakan, sudah bukan rahasia dan hal yang baru lagi jika banyak ditemukan pembangunan perumahan maupun jenis bangunan lainnya yang ada di Kabupaten Bogor ini tidak memiliki IMB.
"Kebanyakan pembangunan disini tidak mengikuti prosedur. Berani melakukan pembangunan rumah ataupun toko  tanpa ada IMB terlebih dahulu. Dan sayangnya, pemerintah terkait tidak melakukan penindakan bahkan kalaupun ada terkadang tindakannya lamban. Seharusnya, pihak instansi terkait melakukan peninjauan ke lapangan dan mengecek kelengkapan administrasi sesuai persyaratan dan seharus nya dalam hal ini kepala desa/kelurahan,maupun kecamatan juga dapat mengawasi kondisi ini dilingkungan desa maupun kecamatan, dengan melakukan pemantauan langsung ke lapangan, kalo hal ini dibiarkan maka dapat dibayangkan berapa besar PAD, yang hilang dari sektor perijinan membangun dalam kurun waktu satu tahun ribuan unit rumah tumbuh akan terus bermunculan,seiring lemah nya pengawasan dari dinas penegakan bangunan Pemkab Bogor ,” ujarnya.


(A. Hidayat)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Banyak Bangunan Di Kabupaten Bogor Tanpa Mengantongi IMB Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent