Latest News
Senin, 18 September 2017

Panglima TNI: Saatnya Sejarah Diluruskan agar Generasi Bangsa Kita Tahu Sejarah yang Sebenarnya


BeritaIndependent.Com |
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menegaskan saatnya sejarah diluruskan agar generasi bangsa kita tahu sejarah yang sebenarnya.

Oleh sebab itu, Panglima TNI akan tetap menginstruksikan kepada seluruh jajaran TNI untuk memutar film pengkhianatan Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI).

Demikian hal ini diungkapkan Panglima seusai melakukan ziarah ke makam Proklamator Bung Karno di Kota Blitar, Jawa Timur, Senin (18/9/2017) siang. Ziarah ini dilakukan dalam rangka memperingati hari jadi TNI ke-72.

"Film pengkhianatan G30SPKI ini sebelumnya selalu diputar pada masa orde baru. Pasca jatuhnya rezim soeharto, film ini kemudian tidak diputar serentak lagi. Banyak pihak menilai, film tersebut sarat dengan kepentingan orde baru dan tidak sesuai dengan fakta sejarah yang ada," kata Gatot seusai melakukan ziarah di Kota Blitar, Jawa Timur, Senin (18/9/2017) siang.

Gatot mengaku tidak terlalu ambil pusing dengan pro kontra pemutaran film tersebut di kalangan masyarakat. Banyak pihak menilai, film garapan Arifin C Noer ini sarat akan kepentingan orde baru dan tidak cocok untuk diputar kembali.  Selain itu, sejumlah ormas juga meminta kepada pemerintah untuk melakukan pelurusan sejarah terkait peristiwa kudeta tersebut.

Gatot Nurmantyo menegaskan, pihaknya akan tetap memutar film itu untuk mengingatkan sejarah kelam masa lalu.

Menurutya, apa yang diceritakan dalam film merupakan fakta yang harus diketahui oleh generasi saat ini. Rencana pemutaran film ini juga sudah mendapatkan dukungan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. *(R)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Panglima TNI: Saatnya Sejarah Diluruskan agar Generasi Bangsa Kita Tahu Sejarah yang Sebenarnya Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent