Latest News
Kamis, 28 September 2017

ILUNI UI: Film G30S PKI Tidak Membutuhkan Versi Baru


BeritaIndependent.Com |
Ramli Kamidin, Wakil ILUNI UI Badan Hukum mengatakan bahwa film G30SPKI tidak perlu versi baru, tidak perlu itu! Serunya.

Menurut Ramli, Yang diperlukan adalah versi lama yang ditambah dengan detail bagaimana kekejaman PKI sebenarnya terjadi, dengan kata lain kita butuh film G30SPKI Extended (trilogi).

Hal tersebut juga senada disampaikan oleh Dr Amoroso Katamsi dan Subarkah Hadisarjana dalam diskusi menolak lupa peristiwa G30SPKI di Gedung DPR RI Senayan Rabu sore (27/9).

Menurut Dr Amoroso Katamsi, film tersebut dibuat dengan riset sejarah yang panjang selama 2 tahun dan saya mendalami karakter tokoh Soeharto selama 4 bulan plus 1 hari dengan penjiwaan tentang situasi saat itu.

Ini (baca: Film G30SPKI) merupakan film cerita berbasiskan sejarah bukan film sejarah. Dasar cerita berdasarkan riset ahli sejarah Prof Dr Nugroho Notosusanto, jadi film ini bukan film serampangan.

Narasumber lain Subarkah mengatakan bahwa film G30SPKI adalah film yang panjang. Setelah proses shooting dan editing dilm durasinya mencapai 10 Jam, kemudian dipress menjadi 7 jam. Karena keahlian sang sutradara maka film tersebut kini sebagaimana yg kita tonton kurang lebih 3 jam.

Subarkah yang merupakan kru film bidang makeup, menjelaskan film G30SPKI digarap dengan melibatkan dokter, para pasukan katak yang mengangkat korban G30SPKI dan keluarga jenderal. Kami melakukan make up sesuai dengan kejadian sebenarnya.

"Adalah tidak benar bahwa film tersebut adalah khayalan para kru film," tegasnya.

Hidayat Matnur, Sekjen ILUNI UI menjelaskan film G30SPKI perlu ditonton kembali untuk membuka sejarah bahwa PKI itu kejam dan biadab. PKI telah melakukan kesalahan dan anak muda yang lahir setelah reformasi tidak mengetahuinya. Karena itu Nobar adalah sarana efektif untuk belajar sejarah. Mudah2an tanggal 30 Sep nanti film tersebut secara massif ditonton warga. (Sumber:Penkostrad/R)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: ILUNI UI: Film G30S PKI Tidak Membutuhkan Versi Baru Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent