Latest News
Sabtu, 26 Agustus 2017

MS Kaban: Reklamasi Teluk Jakarta Harus Distop Total


Malam acara Kenduri Budaya dan Nasionalisme bertajuk "Kebun Merah Putih" di Gelanggang Remaja Jakarta Utara (GRJU), Jalan Yos Sudarso, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (25/8) berlangsung meriah.

Sejumlah tokoh dan aktivis tampak hadir di acara seni, budaya, dan puisi yang digagas oleh berbagai elemen di Jakarta Utara.

Di antaranya mantan Menteri Kehutanan M.S Kaban, sejarawan JJ Rizal, tokoh senior masyarakat Jakarta Utara Sabri Saiman, Jamran AMJU, Daeng Mansur, dan lainnya.

Dalam acara tersebut, M.S Kaban mengatakan bahwa kemerdekaan itu pada dasarnya untuk kemakmuran rakyat. Oleh karena itu, bangsa ini harus kembali pada niat kemerdekaannya.

"Kemerdekaan itu adalah yang bangsa Indonesia. Kemerdekaan itu modalnya sumber daya alam," kata M.S Kaban.

Namun sayangnya, sambung M.S Kaban, 72 tahun Indonesia merdeka, tapi pola-pola yang dilanjutkan masih pola zaman kolonial. Salah satu contohnya adalah reklamasi Telu Jakarta yang menyengsarakan nelayan demi segelintir orang berduit.

Kaban sejak awal tegas mengatakan tidak setuju dengan reklamasi Teluk Jakarta itu.

"Saya dari awal sudah mengingatkan, bahwa tidak ada satu pun dasar hukum reklamasi itu. Kalau kebenaran sudah tidak dibenarkan, maka bakal jadi malapetaka," ujarnya.

Menurutnya, pemerintah harus segera sadar bahwa reklamasi inimerupakan bentuk penjajahan dalam bentuk lain.

Kata dia, segala sumber kekayaan alam seharusnya dikuasai oleh negara untuk kepentingan rakyat. Reklamasi, merupakan bentuk penguasaan swasta yang merugikan rakyat, utamanya nelayan di pesisir Teluk Jakarta.

"Bangsa Indonesia itu lah yang terjajah. Jadi kita harus sadar, semua yang bersumber dari alam itu dikuasai oleh negara. Jadi reklamasi itu harus di stop total," tegasnya

Sumber: RMOL
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Item Reviewed: MS Kaban: Reklamasi Teluk Jakarta Harus Distop Total Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent