Latest News
Jumat, 18 Agustus 2017

Perayaan HUT RI Anak Cakung Dapat Kunjungan Koordinator Sekolah Alternatif Anak Jalanan



Perayaan Hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 yang setiap tahunnya selalu diisi dengan berbagai lomba atau berbagai kegiatan lainnya, juga dilaksanakan dengan semangat di bantaran kali, Cakung Timur, Jakarta Timur.

Kegiatan yang diinisiasi oleh seorang wartawan bernama Hengki Lumban Toruan ini berjalan sangat meriah dimana ada sekitar 50 anak-anak dengan usia berkisar dari 4 sampai 14 tahun terlihat bersemangat mengikuti berbagai lomba yang disiapkan oleh panitia. Serta tidak ketinggalan kegiatan tersebut juga dimeriahkan oleh beberapa orang tua yang juga mengikuti lomba.

Menurut Hengki, acara tersebut disiapkan dengan waktu hanya beberapa hari, berawal saat dia sedang duduk dan mendengarkan beberapa cerita anak-anak terkait tidak adanya lomba di RT setempat dikarenakan Ketua RT yang belum lama ini mengalami kecelakaan.

"Ya, awalnya sekitar hari sabtu tanggal 12 lalu, anak-anak ini pada cerita depan rumah, trus saya tanya ke Irma (adik perempuan), dia bilang kasihan mereka pengen lomba. Spontan aja saya bilang adain aja, soal dana ga usah nunggu dari warga lagi, kasihan pak RT lagi kurang sehat," cerita pria yang akrab disapa Eky ini, disela-sela berjalannya lomba, di Jalan Balai Rakyat, Cakung Timur, Jakarta Timur, Kamis (17/8).

Saat itu, Eky hanya berpikir bahwa akan sangat menyedihkan kalau setelah hari kemenangan, anak-anak kembali kesekolah hanya mendengar cerita saja. "Kan kasihan kalau mereka cuma jadi pendengar aja, kalau kaya ginikan mereka akan punya cerita yang ngga kalah menarik, ditambah lagi acara ini terbuka untuk anak-anak dari RT mana aja, karena sejak awal saya pesanin untuk jangan membatasi, biar semuanya merasakan kemerdekaan," ujarnya.

Wartawan yang bekerja pada salah satu media nasional ini juga tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya acara tersebut. "Ya, kegiatan ini tidak akan terlaksana tanpa anak-anak dan kaka-kaka panitia itu, serta rekan media dan rekan-rekan lain yang telah memberikan suport, terutama sang Pencipta, Tuhan YME, Sebenarnya mereka-mereka itu yang hebat," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, salah satu Penggiat Pendidikan, Agus Supriyanto atau Ayah Agus yang hadir menyaksikan kegiatan tersebut mengatakan bahwa acara yang diadakan ini sangat menarik. "Acara ini luar biasa dan rame ya, dan ini merupakan kemerdekaan yang sesungguhnya, dimana anak-anak itu tidak dibatasi dan bisa tertawa lepas," ucapnya.

Koordinator Sekolah Alternatif Anak Jalanan (SAAJA) ini berharap agar pemeritah dapat melihat hal-hal seperti apa yang telah dilakukan anak-anak tersebut. "Ini yang seharusnya pemerintah lihat, dan harus hadir ditengah-tengah masyarakat, jangan melulu merayakan dikalangan mereka-mereka aja," pesannya.

Dia juga berharap, kedepan dapat terus menjalin komunikasi dengan anak-anak atau masyarakat dilingkungan tersebut dalam hal pendidikan. "Semoga kedepan nanti ada hal positif terutama dalam pendidikan, yang dapat kita lakukan disini," tandasnya.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Item Reviewed: Perayaan HUT RI Anak Cakung Dapat Kunjungan Koordinator Sekolah Alternatif Anak Jalanan Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent