Latest News
Senin, 07 Agustus 2017

Hari ini Sidang Gugatan Perppu Ormas Kembali Digelar


BeritaIndependent.Com |  Sidang lanjutan uji materi Perppu 2/2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) yang diajukan mantan petinggi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Ismail Yusanto akan kembali digelar Mahkamah Konstitusi (MK), Hari ini.

Menurut kuasa hukum Ismail Yusanto, Yusril Ihza Mahendra sidang akan digelar pada pukul 08.00 WIB.

"Inshaa Allah, sidang lanjutan MK dalam memeriksa permohonan pengujian formil dan materil atas Perpu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas akan dilaksanakan jam 8 pagi di gedung MK," kata Yusril, malam ini.

Seperti diketahui, HTI mempermasalahkan pemberlakukan sejumlah pasal dalam Perppu Ormas yang memungkinkan pemerintah melakukan pembubaran sepihak terhadap suatu ormas, tanpa mempertimbangkan hak jawab dari ormas.

Pakar Hukum Tata Negara ini menyebutkan beberapa pasal, antara lain Pasal 59 Ayat (4) huruf c sepanjang frasa “menganut”, Pasal 61 Ayat (3), Pasal 62, Pasal 80, dan Pasal 82A dari Perppu 2/2017 bermasalah.

Dalam permohonan perkara yang terdaftar dengan nomor 39/PUU-XV/2017, Yusril menuliskan bahwa akibat ketentuan-ketentuan tersebut dapat dimanfaatkan secara sewenang-wenang dan pasal ini telah mengambil alih tugas hakim dalam mengadili perkara.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Item Reviewed: Hari ini Sidang Gugatan Perppu Ormas Kembali Digelar Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent