Latest News
Kamis, 13 Juli 2017

Indonesia Ajak Negara OKI Tingkatkan Upaya Kolektif Penanggulangan Terorisme


BeritaIndependent.Com |  Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyinggung potensi generasi muda Muslim menjadi korban ideologi terorisme, radikalisme dan ekstremisme.

Demikian hal tersebut disampaikan Retno Marsudi dalam Konferensi Tingkat Menteri (KTM) Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di Pantai Gading.

Merujuk pada kejadian di Marawi, kata Retno, Filipina harus menjadi wake up call bagi negara-negara OKI. Sebab, telah terjadi regionalisasi terorisme.

Menurutnya, kejadian regionalisasi terorisme banyak melibatkan generasi muda termasuk perempuan terlibat menjadi teroris dan foreign terorist fighters (FTF).

Oleh sebab itu, Indonesia mengajak negara OKI meningkatkan upaya kolektif dalam penanggulangan terorisme. Utamanya dengan mengatasi akar masalah dan melakukan kontra-narasi terhadap ideologi radikal.

"Memperkuat kerja sama antara negara OKI menjadi mandatory dalam penanggulangan terorisme dan radikalisme, khususnya dalam mencegah terjerumusnya pemuda Islam,” sebut Menlu Retno dalam keterangan pers, Selasa (11/7/2017).

Salah satu solusi untuk menangani persoalan tersebut dijelaskan mantan Dubes RI untuk Belanda itu adalah memprioritaskan pendidikan yang baik bagi generasi muda serta menempatkan pemuda sebagai bagian utama dari pembangunan.

Retno mendorong negara-negara anggota OKI perlu merancang pendidikan yang menanamkan nilai toleransi, menghormati satu sama lain, dan perdamaian sejak dini.

"Kita memiliki tanggung jawab untuk generasi penerus kita, marilah kita menuntun dengan memberikan teladan dan membesarkan mereka dengan nilai Islam yang damai," ujar dia.

KTM OKI adalah pertemuan puncak tahunan tingkat Menteri Luar Negeri negara-negara anggota OKI.

Pertemuan dilaksanakan untuk mengkaji perkembangan pelaksanaan kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan pada Konferensi Tingkat Tinggi para kepala negara/pemerintahan) (*)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Item Reviewed: Indonesia Ajak Negara OKI Tingkatkan Upaya Kolektif Penanggulangan Terorisme Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent