Latest News
Rabu, 19 Juli 2017

GRN: Perlu Perda Untuk Cegah Bahaya Laten Narkoba


BeritaIndependent.Com | Ketua Umum Gerakan Rakyat Nusantara(GRN), Nio Soeprapto, SH mengatakan bahwa kondisi kekinian, telah menunjukkan bahwa Jakarta Darurat Penyalahgunaan Narkoba, dimana hampir tiap saat, korban penyalahgunaan narkoba semakin bertambah, sinyalemen ini di perparah dengan minimnya pengawasan melekat dikalangan masyarakat, terutama dikalangan generasi muda dan pelajar.

“Miris rasanya melihat situasi tersebut, oleh karena itu harus ada langkah kebijakan strategis untuk mengatasi kondisi ini,” kata Nio, kepada wartawan di Jakarta.

Menurutnya, langkah strategis itu tidak cukup optimal jika hanya menerapkan Undang-undang No.35 Tahun 2009 Tentang Psikotropika dan obat-obat terlarang, beserta peraturan pemerintah yang mengaturnya.

Nio mengatakan harus ada kebijakan strategis yang dapat mencegah dan menanggulangi secara massif berkembangnya pasar peredaran narkoba serta penggunanya, khususnya di Provinsi DKI Jakarta yang juga sebagai kawasan perkotaan yang sudah pasti tidak terlepas dari incaran peredaran bandar narkoba internasional, regional maupun nasional.

“Pemprov DKI Jakarta harus serius memerangi bahaya laten narkoba, keseriusan itu mesti dirumuskan dalam bentuk peraturan daerah sebagai senjata kepastian hukum melawan narkoba,” tandasnya.

Dimana ditekankannya, Perda ini juga mengatur soal sanksi tegas bagi pengedar maupun pemakai, misalnya pemecatan tidak hormat bagi karyawan swasta, mahasiswa maupun pelajar pengguna narkoba.

Selanjutnya, mereka yang di rehabilitasi agar tidak menjadi pemakai. Sedangkan untuk masalah pencegahannya, disarankannya dengan di buat ketentuan tentang test urine bagi karyawan, mahasiswa, pelajar dan semua lapisan masyarakat.

“Perlu dibentuk keterlibatan masyarakat, seperti satgas di sekolah, kampus dan tempat publik lainnya,” saran Nio.

“Satgas inilah yang membantu pemerintah melakukan pengawasan, cegah dini dan deteksi dini, Gerakan Rakyat Nusantara bersama elemen warga Jakarta termasuk diantaranya, Bela Negara adalah Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat siap membantu Pemprov DKI Jakarta memerangi narkoba, kami sudah siapkan konsep dan berdiskusi dengan pemprov DKI Jakarta dan DPRD DKI Jakarta,” pungkas Nio yang juga anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Provinsi DKI Jakarta. (Eky/Sket)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Item Reviewed: GRN: Perlu Perda Untuk Cegah Bahaya Laten Narkoba Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent