728x90 AdSpace

Latest News
Wednesday, May 24, 2017

Panglima TNI: Migrasi Ancaman Paling Berbahaya


BeritaIndependent.Com | Panglima TNI Gatot Nurmantyo menegaskan kembali ancaman yang sangat nyata dari isi puisi yang ia bacakan dalam rapimnas Golkar kemarin, yakni ancaman soal migrasi penduduk yang sudah terjadi di sejumlah negara.

"Saya ingatkan bahwa sekarang ini yang paling berbahaya adalah migrasi. Migrasi itu bukan pengungsian," tandas Gatot kepada wartawan di kantor Kementerian Dalam Negeri, Kalibata, Jakarta Selatan, hari ini.

Dia menyebutkan saat ini, penyebaran manusia sudah tak mengenal batas. Manusia kata dia secara sadar akan selalu mencari tempat yang lebih baik dan yang lebih menjanjikan.

"Sekarang sudah meningkat kompetisi antar manusia. Manusia tak mengenal batas dan mencari tempat yang lebih menjanjikan, lebih baik hidupnya, teori gaji namanya,"tegas Gatot

Gatot memprediksi pada tahun 2050 mendatang diperkirakan 480 juta orang akan mengungsi ke berbagai wilayah. Salah satunya karena penamanasan global yang terjadi. Tak perlu  jauh ke tahun 2050, pada tahun 2020 saja ada 60 juta orang mengungsi dari sub-sahara (Afrika).

"Jadi, kalau kita tak waspada, kita bisa terpinggirkan," kata Gatot seraya menyebutkan manusia tak mengenal batas, dia akan mencari tempat yang lebih baik, teori Lewis.

Gatot  mengatakan, migrasi terjadi karena kebutuhan manusia terhadap pangan, air, obat, industri, energi dan sumber daya alam lainnya.

Lebih lanjut Gatot mengatakan, salah satu dampak migrasi, yakni, terpinggirkannya keberadaan penduduk asli daerah itu.

Dia mencontohkan, migrasi membuat keberadaan suku Indian hampir punah di AS, suku Aborigin hampir punah di Eropa. Indonesia, ia melanjutkan, adalah negara yang indah dengan potensi sumber daya alam yang melimpah. Ia memprediksi, Indonesia akan menjadi negara tujuan migrasi penduduk dunia.

"Kalau tak waspada kita bisa terpinggirkan. Contohnya, orang asli Betawi ada di pinggiran Jakarta," imbuhnya.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Panglima TNI: Migrasi Ancaman Paling Berbahaya Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent