Latest News
Jumat, 28 April 2017

Vonis Ahok, FPI Minta Hakim Tak Tergiur Pesanan Cukong

BeritaIndependent.Com | Demi rasa keadilan, Pengurus FPI Jakarta Novel Bakmumin meminta Hakim dapat menegakkan supremasi hukum dengan menuntut agar hakim memvonis Ahok sesuai dakwaan, yakni Pasal 156a KUHP tentang penodaan agama.

"FPI berharap agar hakim independent tak tergiur pesanan cukung dan penguasa. Tuntutannya agar hakim bisa memvonis lima tahun," kata Novel hari ini.

Hal itu disampaikan mensikapi situasi terkini, akan maraknya aksi tuntutan publik agar sidang Ahok tak diintervensi dengan kepentingan politik.

Seperti ramnai di media sosial, aksi-aksi yang menuntut Ahok dipenjara tetap ada. Pada Jumat ini (28/4), GNPF-MUI bakal melakukan long march ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Ribuan massa ini akan melakukan aksi yang bertajuk "Menjaga Independensi Hakim" itu akan diawali dengan shalat Jumat di Masjid Istiqlal dan dilanjutkan berjalan kaki ke PN Jakut di Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat.

"Ayo, dukung majelis hakim ambil putusan maksimal terhadap penista agama. "Ayo tegakkan keadilan! #AyoPenjarakanAhok," demikian imbauan GNPF-MUI.

Sementara Anggota tim advokasi GNPF MUI Kapitra Ampera membenarkan akan adanya aksi itu. Dia menyebutkan bahwa aksi ini ditujukan untuk mengawal perkara kasus dugaan penistaan agama yang melibatkan Ahok.

Dia meminta masyarakat tak khawatir dengan aksi tersebut. "Besok hanya menyampaikan aspirasi, bukan unjuk rasa. Kami juga akan melakukannya secara damai," katanya kepada wartawan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang diketuai Ali Mukartono menyatakan Ahok terbukti melanggar pasal 156 KUHP tentang pernyataan permusuhan dan kebencian terhadap suatu golongan.

Anehnya, JPU hanya menuntut Ahok satu tahun penjara dengan masa percobaan dua tahun.

GNPF-MUI dan FPI menganggap, tuntutan ini terlalu ringan. Makanya mereka turun ke jalan. Aksi GNPF-MUI dan MUI ini dilakukan menjelang pembacaan putusan hakim terhadap Ahok yang akan digelar pada 9 Mei nanti.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Item Reviewed: Vonis Ahok, FPI Minta Hakim Tak Tergiur Pesanan Cukong Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent