728x90 AdSpace

Latest News
Saturday, April 15, 2017

Survey Terkini SPIN: 77 Persen Suara Pendukung AHY Beralih ke Anies-Sandi

BeritaIndependent.Com | Inilah Survey terbaru yang dirilis hari ini. Menurut Direktur Survei dan Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara, pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut tiga, Anies Baswedan dan Sandi Salahuddin Uno, mengalami peningkatan suara yang sangat signifikan jika dibandingkan pada saat pilkada putaran pertama lalu.

Hal itu didasarkan dari hasil survei langsung tatap muka terkini yang dilakukan oleh SPIN pada periode 8-13 April 2017 lalu.
"Jika pemilihan dilakukan hari ini, Anies-Sandi unggul sembilan persen di atas pasangan Ahok-Djarot. Hasil survei kita, Anies-Sandi memperoleh suara sebesar 52 persen, sementara Ahok-Djarot hanya memperoleh 43 persen suara. Sisanya lima persen belum menentukan pilihan," kata Igor Dirgantara saat gelar hasil survei SPIN di bilangan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (15/4/2017).
Dia menambahkan, naiknya tingkat elektabilitas Anies-Sandi dalam putaran kedua kali ini dipengaruhi oleh beralihnya suara mayoritas pemilih pasangan calon nomor urut satu, Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni.

Menurutnya, dari total perolehan suara 17 persen Agus-Sylvi, sekitar 77 persen beralih ke pasangan calon yang diusung oleh PKS dan Gerindra itu.

"Sementara yang mengalihkan dukungannya ke Ahok-Djarot hanya delapan persen," ujarnya.

Dalam survei yang dilakukan oleh lembaganya, pihaknya juga telah mengukur tingkat keinginan publik atau masyarakat terkait dengan kehadiran gubernur baru di Ibu Kota Jakarta.

"Menariknya dalam survei ini, sebanyak 48 persen responden menginginkan adanya pemimpin baru, hanya 44 persen yang menginginkan petahana kembali berkuasa. Namun demikian, 55 persen responden menyatakan ingin arah kebijakan petahana dilanjutkan, berbanding 35 persen dengan yang ingin arah kebijakan berbeda dari sebelumnya," kata Igor.

Kata Igor, perolehan hasil survei yang dilakukan lembaganya itu bukanlah hasil final.

survei yang dilakukan SPIN ini adalah survei yang dilakukan dengan cara tatap muka melibatkan 761 responden. Dengan angka lima persen yang belum menentukan pilihan atau memberikan jawaban, dan margin error kurang lebih 3,1 persen.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Survey Terkini SPIN: 77 Persen Suara Pendukung AHY Beralih ke Anies-Sandi Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent