Latest News
Selasa, 04 April 2017

IPW Sebut Penangkapan Aktivis 313 Lebay, Neta: Faktanya TNI Santai-santai Saja


BeritaIndependent.Com | Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Neta Pane, menganggap penangkapan terhadap lima anggota FUI tak ubahnya penangkapan terhadap Rachmati cs beberapa waktu lalu. Pasalnya, alasan penangkapan anggota FUI yang merupakan penggagas aksi 313 dipandang hanya dibuat-buat.

"Alasan yang digunakan polisi dalam melakukan penangkapan ini adalah makar dan itu terlalu mengada-ada dan lebay (berlebihan, red)," ujar Neta Pane, Senin (3/4).

Neta menjelaskan, kasus makar yang dituduhkan Polri kepada Rachmawati cs hingga kini belum dilimpahkan ke kejaksaan sehingga kasusnya masih menggantung hingga sekarang. Sikap Polri, menurut Neta aneh terkait proses penangkapan. Polri berubah menjadi sangat represif. 

"Jika memang ada yang hendak melakukan makar tentunya TNI yang akan lebih tahu dan tidak akan tinggal diam. Tapi nyatanya TNI santai-santai saja tuh," jawab Neta.

Neta mempertanyakan kerepresifan Polri dalam mengusut kasus dugaan makar. Terutama dibandingkan dengan TNI yang memang seharusnya menjadi barisan awal dalam melakukan dugaan makar.

"Sepertinya tuduhan makar ini hanya siasat Polri untuk meredam aksi demo yang digalang tokoh-tokoh kritis. Setelah tokoh-tokoh kritis itu tiarap, penanganan kasusnya akan diambangkan," duga Neta.

Pria kelahiran 1964 ini mengatakan, secara hukum Polri punya diskresi untuk melakukan penangkapan kasus makar atas nama ketertiban masyarakat. Tapi jika tidak hati-hati Polri dapat terjebak dlm permainan politik praktis karena akan dituduh sebagai atribut pemerintah, bukan atribut negara.

sumber: ROL
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Item Reviewed: IPW Sebut Penangkapan Aktivis 313 Lebay, Neta: Faktanya TNI Santai-santai Saja Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent