Latest News
Jumat, 21 April 2017

Cina Daily Sebut Islam Tak Bisa Memaksa Ahok di Penjara


BeritaIndependent.Com | Kemenangan Anies-Sandi disambut suka cita oleh warga Ibukota. Mereka merayakan dengan keliling kampung Takbiran layaknya suasana Lebaran. Bahkan warga Kampung Pulo yang jadi korban gusuran gubernur Basuki, merayakan kemenangan Anies-Sandi dengan pawai obor.

Gempitanya warga Jakarta atas sambutan gubernur muslim ternyata mendapat perhatian media asing, terutama dari Cina. The China Daily edisi Asia bahkan menayangkan beberapa laporannya secara khusus soal ini.

Namun yang menarik dalam liputannya, Cina Daily menyebut meskipun muslim Jakarta berhasil mengusung gubernur muslim tak bisa memenjarakan Ahok.

Berita tentang pembacaan tuntutan Ahok oleh JPU kemarin tak luput dari perhatian The China Daily edisi Asia itu.

Selain tentang tuntutan hukuman percobaan, The China Daily juga melaporkan aksi unjuk rasa di luar ruang sidang.

Baca juga: Penista Agama Cuma Dituntut 1 Tahun, Pedri: presiden harus Bertindak, Kalau Tidak bisa Turun Tahta 

 “Hari Kamis, para anggota kelompok garis keras, yang memimpin ratusan ribu umat Islam unjuk rasa menentang Purnama pada masa kampanye, bereaksi marah atas tuntutan jaksa.” tulisnya.

The China Daily melaporkan hampir semua kasus penistaan agama dalam beberapa tahun belakangan menghasilkan vonis bersalah.

Jaksa Penuntut Ali Mukartono yang mengatakan Basuki melakukan kesalahan namun ada faktor-faktor yang meringankan. Dengan demikian kemungkinan Ahok akan terhindar dari hukuman penjara.

“Terhindar dari hukuman penjara yang kurang dari lima tahun akan menjadi berita baik bagi Basuki. Itu berarti dia akan tetap bisa meneruskan politik di Indonesia, yang memiliki undang-undang yang melarang seseorang yang dihukum penjara lima tahun atau lebih untuk menduduki jabatan umum.”

Sidang Ahok berikutnya dijadwalkan akan digelar pada Selasa (25/04) untuk mendengar pembelaan dari kubu Ahok.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Item Reviewed: Cina Daily Sebut Islam Tak Bisa Memaksa Ahok di Penjara Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent