728x90 AdSpace

Latest News
Friday, April 7, 2017

4 Hal Ini yang Dikhawatirkan Warga Jakarta Saat Coblosan Nanti


BeritaIndependent.Com | Direktur eksekutif Bimata Politica Indonesia (BPI) Panji Nugraha menilai suhu politik yang semakin panas menjelang pemungutan suara pada 19 April nanti masih tergolong wajar.

Namun dalam pengamatannya, justru meningkatnya kekhawatiran masyarakat terhadap sikap pemerintah pusat yang cenderung mendukung salah satu pasangan calon gubernur tertentu.

"Publik saat ini mengkhawatirkan ketidaknetralan pemerintah di Pilkada DKI, dan hal tersebut jelas tidak baik bagi kelangsungan demokrasi di Indonesia," katanya kepada wartawan di Jakarta, Kamis (6/4).

Menurutnya, kekhawatiran masyarakat bukan tanpa alasan. Pasalnya ada beberapa faktor keganjilan yang dirasakan publik.

Pertama, tidak ditahannya Ahok terkait status terdakwa kasus penistaan agama, bahkan kepolisian dan kejaksaan seolah saling lempar bola panas dalam hal kewenangan.

Kedua, sikap pasang badan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang bersikeras tidak akan memberhentikan Ahok dari kursi gubernur DKI walaupun sudah berstatus terdakwa.

Ketiga, partai pengusung Ahok adalah partai yang juga mengusung Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2014 lalu dan mengkukuhkan diri sebagai partai penguasa.

Keempat, kedekatan emosional antara Jokowi dengan Ahok yang perlu diklarifikasi oleh Jokowi bahwa dirinya tidak akan berpihak pada putaran dua nanti.

Oleh karena itu, Panji berharap, Pilkada DKI Jakarta harus menjadi contoh pilkada bagi daerah lain yang berlangsung secara jujur, rahasia dan adil. (rel)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: 4 Hal Ini yang Dikhawatirkan Warga Jakarta Saat Coblosan Nanti Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent