728x90 AdSpace

Latest News
Wednesday, March 15, 2017

LIPI: Ada Investor China Boyong Tenaga Kerja dari Negaranya Ke Papua


BeritaIndependent.Com | Ada investor Tiongkok, China membawa serta tenaga kerja asal negeri tirai bambu itu ke Indonesia.

Hal ini dibeberkan peneliti LIPI Adriana Elisabeth.

Ia menceritakan, hasil penelitiannya di Papua, terdapat investor Tiongkok yang membangun pabrik semen di Papua dan memboyong 800 tenaga kerja dari negaranya.

"Bahkan dibangun lengkap dengan messnya tempat mereka tinggal," beber Adriana pada Seminar Peradaban "Masih Relevankah Politik Luar Negeri Bebas Aktif?" di Universitas Paramadina, Jakarta, Rabu, (15/3).

Adriana juga menyebut bahwa lokasi yang dibangun pabrik semen itu terdapat uranium. Dengan fakta ini, menurut dia, pemerintah perlu memperhatikan dengan serius diplomasi ekonomi dengan Tiongkok, khususnya berkaitan perjanjian kerja sama karena aspek politiknya sangat sensitif.

"Memang program pembangunan China ini dia bawa serta tenaga kerjanya dalam perjanjian dengan negara lain. Kita kecolongan kalau nggak hati-hati dan paham," kata dia.

Hal yang sama juga pernah diutarakan oleh Ketua Tim Teknis Pembangunan Smelter Papua, Bangun S Manurung, bahwa perusahaan asal Tiongkok, Non-Ferrous China Company dengan pendanaan Bank of China menjadi pelaksana pembangunan smelter di Papua.

“Setelah pabrik smelter dan pemurnian selesai, langsung diambilalih Bank Investasi Amerika Serikat. Non-Ferrous China Company (NFC) adalah perusahaan asal China yang memakai teknologi Kanada dan sudah berpengalaman membangun sejumlah pabrik smelter di beberapa negara,” kata Bangun saat itu di Papua.

Editor : Wahyu Sihombing
Sumber : RMOL


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: LIPI: Ada Investor China Boyong Tenaga Kerja dari Negaranya Ke Papua Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent