Latest News
Minggu, 19 Februari 2017

Terdakwa Jadi Gubernur, LIPI: Tidak Boleh Calon Pemimpin Itu Cacat

BeritaIndependent.Com | Peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro mengaku prihatin karena masih ada calon yang berstatus terdakwa dalam Pilkada DKI Jakarta.

"Idealnya dalam satu pilkada itu memang tak ada calon yang berurusan dengan hukum,  saya ingin mengatakan itu,  garis bawahi itu," katanya, Sabtu (18/2).

Seperti diketahui, petahana Basuki Tjahaja Purnama saat ini berstatus terdakwa dalam kasus dugaan penistaan agama.

Dia menjelaskan, bagaimanapun juga, pilkada adalah satu proses demokrasi yang mengkontestasikan integritas.

Integritas itu artinya calon-calon harus lulus secara etika, tidak ada pelanggaran yang serius secara etika dan moral politik.

Secara hukum, tidak ada yang dilanggar, misalnya melakukan korupsi atau kasus lain.

"Karena itu penting, prasyarat. Menurut saya, tidak lulus sebenarnya calon-calon yang integritasnya bermasalah. Karena begini kan, lalu berpengaruh terhadap tahapan. Nanti kalau menang salah kalau kalah salah," terang Wiwik.

Dia menjelaskan, seharusnya kalau ada calon yang bermasalah hukum, langsung diberikan penalti, langsung diberhentikan oleh Menteri Dalam Negeri. Namun, saat ini tidak terjadi itu.

"Terus masalahnya, yang bersangkutan juga terdakwa, kan gitu. Ini pembelajaran yang tentunya kurang positif bagi saya untuk nilai-nilai demokrasi yang sangat mengedepankan bagaimana trust harus dibangun, saling mempercayai, tidak boleh calon pemimpin itu cacat," demikian Wiwik.

Sumber: RMOL


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Item Reviewed: Terdakwa Jadi Gubernur, LIPI: Tidak Boleh Calon Pemimpin Itu Cacat Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent