Latest News
Selasa, 21 Februari 2017

Soal PT Freeport, DPD: Perampokan Sumber Daya Alam Negeri Ini Harus Dihentikan


BeritaIndependent.Com | Wakil Ketua Komite I DPD RI, Benny Rhamdani bicara lantang menanggapi sikap keras kepala  PT. Freeport McMoran Inc perusahaan asal Negeri Paman Sam itu.

"Pemerintah Indonesia tidak boleh kalah dan menyerah dengan ancaman PTFI itu. Apalagi, Indonesia sesunguhnya sudah terlatih melewati masa sulit. Selama ini PTFI telah melakukan perampokan sumber daya alam negeri ini dan itu harus dihentikan," tegas Benny di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, hari ini.

Dia menambahkan sejak zaman Belanda Indonesia sudah terlatih melawan musuh, bahkan Belanda 350 tahun. Tak ada alasan Indonesia harus takut dengan segala bentuk ancaman.

Seperti diberitakan kemarin, Freeport akan melakukan gugatan melalui pengadilan Aribitase. Alasannya, PTFI bersikeras tidak mengubah izin operasi di Indonesia dari Kontrak Karya menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

Presiden Direktur Freeport McMoran Inc, Richard Adkerson berencana membawa permasalahan tersebut ke penyelesaian sengketa di luar peradilan umum jika tak kunjung menemui kata sepakat.

Menurut Benny tawaran divestasi yang diberikan pemerintah sebenarnya sangat ideal. Karenanya, pihaknya sangat mendukung langkah pemerintah itu.

"Negara ini memiliki kedaulatan dan harga diri, perampokan sumber daya alam di negeri ini harus diakhiri," kecamnya lagi.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, dia mmengatakan pemerintah tak perlu takut menghadapi ancaman Freeport McMoran Inc yang berniat menggugat Pemerintah Indonesia ke arbitrase internasional.

Menurut Agus, Indonesia sangat menghormati kerja sama dengan negara manapun. "Namun kita juga tetap menghormati Undang-undang yang ada, sehingga kita kita tetap mengacu undang-undang," ujarnya.

Agus meyakini Pemerintah Indonesia akan menang jika berperkara di arbitrase internasional.

Sebab dalam Undang-undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Minerba (Mineral dan Batubara) perusahaan yang berstatus kontrak karya diharuskan membuat smelter. (R)







  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Item Reviewed: Soal PT Freeport, DPD: Perampokan Sumber Daya Alam Negeri Ini Harus Dihentikan Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent