728x90 AdSpace

Latest News
Thursday, January 12, 2017

Soni Sumarsono: Nasib Ahok Hanya Soal Waktu Saja


BeritaIndependent.Com | Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Soni Sumarsono yang juga Plt Gubernur DKI Jakarta mengaku akan meninggalkan Balaikota setelah tanggal 11 Februari mendatang.

Soal apakah Ahok akan kembali menjadi gubernur pasca cuti kampanye 11 Februari mendatang atau tidak, Soni tak mau ikut campur.

"Perkara itu saat ini sedang dibahas di internal (Kemendagri) dan kami meminta kejelasan dari pengadilan maupun Kemenkumham," tukas Soni menjawab pertanyaan wartawan di Balaikota DKI, Jakarta, Kamis (12/1/2017).

Sebagai pejabat yang memiliki otoritas soal status kepala daerah, Soni tak mau mendahului keputusan pimpinan.

"Nasib beliau (Ahok) hanya soal waktu saja. Proses berikutnya kita ikuti apa yang diputuskan Pak Mendagri," imbuhnya.

Seperti diketahui, Ahok saat ini telah menjadi terdakwa dan sudah lima kali menjalani persidangan.

MUI menyatakan pidato Ahok terkait surat Al Maidah ayat 51 di Kepulauan Seribu pada September 2016 lalu mengandung penistaan agama. Berdasarkan kajian MUI juga, kalimat Ahok menghina ulama yang menyiarkan kandungan surat Al Maidah.

Sementara Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Noor Rachmad menyatakan kejaksaan tetap menggunakan Pasal 156 dan 156a Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) perkara penistaan agama dengan tersangka Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Menurut Pasal 156 KUHP, barang siapa di muka umum menyatakan perasaan permusuhan, kebencian atau penghinaan terhadap suatu atau beberapa golongan rakyat Indonesia diancam dengan pidana penjara paling lama empat tahun atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah. (R-007)


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Soni Sumarsono: Nasib Ahok Hanya Soal Waktu Saja Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent