Latest News
Selasa, 31 Januari 2017

Sekjen PBNU: Dampak Informasi Hoax Sudah Ancam Akar Rumput NU

BeritaIndependent.Com | Sekjen PBNU Helmy Faizal mengungkapkan fakta terkini bahwa dampak informasi hoax sudah sampai tingkat akar rumput NU. Seperti halnya berita fitnah terhadap kiai-kiai NU, pengurus NU di Nangroe Aceh Darussalam (NAD) juga membacanya dari sosmed.

Demikian hal tersebut disampaikan Helmy saat membuka acara Kopdar Netizen NU Jatim pada Minggu Sore. Dihadapan  sebanyak 200 kader Ansor Jatim yang melakukan kopdar (kopi darat) alias ketemuan itu Helmy minta adanya upaya penangkalan.

"Melawan berita hoax itu tidak dengan hoax juga. Berdasarkan Pew Research Center, pertempuran di medsos membahayakan. Bahkan ada angka 4 persen penduduk Indonesia yang sepakat dengan gerakan ISIS. Indonesia juga nomor dua pengkonsumsi terbesar situs porno di dunia. Mereka kebanyakan anak muda yang terpengaruh," katanya.

Guna membangkitkan kesadaran masyarakat secara umum agar lebih selektif menerima informasi di medsos maka kader NU harus bisa melawannya.

Ditempat terpisah, Presiden BEM STAINU, Rojihan mengatakan fenomena berita Hoax harus dilawan dengan tulisan-tulisan yang inspiratif. Untuk menuju kesana, maka perlu dilakukan pelatihan penulisan sebagai salah satu usaha untuk membekali generasi muda NU dengan pengetahuan dan skill di bidang jurnalistik.

Sementara itu, Sekretaris Umum Jaringan Alumni STAINU (JasNU), Amrudin menyatakan di tengah maraknya informasi Hoax yang menyudutkan banyak kalangan, salah satunya NU, maka perlu  sekali dilakukan upaya-upaya untuk membendung fenomena itu. Sebab bila ini dibiarkan, maka akan terjadi benturan yang berujung pada perpecahan.

"Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu bentuk solusi untuk menanggulangi era globalisasi yang semakin gencar, dengan adanya berita hoax yang terkesan menyudutkan, memfitnah dan bahkan berujung pada permusuhan antar umat beragama," katanya seperti dikutip dari NU ONline. (Umi Khalsum)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Item Reviewed: Sekjen PBNU: Dampak Informasi Hoax Sudah Ancam Akar Rumput NU Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent