Latest News
Minggu, 18 Desember 2016

Polisi Punya Kewenangan Menindak Perusahaan yang Diduga Melanggar Fatwa MUI


BeritaIndependent.Com | Kepolisian punya kewenangan melakukan penindakan secara persuasif, jika ada perusahaan atau pihak mana pun yang memang diduga melanggar fatwa MUI.

Demikian ditegaskan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya (PMJ) Komisaris Besar Argo Yuwono kepada wartawan, hari ini, Sabtu (17/12).

Menanggapi dikeluarkannya Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 56 Tahun 2016, tentang menggunakan atribut keagamaan non-muslim Argo berharap semua pihak bisa menghormati keputusan umat islam itu.

Polisi juga mengimbau pihak Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) agar melakukan aksi empati dan simpati kepada masyarakat untuk menciptakan situasi kondusif.

Atas terbitnya fatwa MUI itu, Argo minta Ormas tidak melakukan tindakan razia atau sweeping. Karena itu merupakan tugas dan kewenangan kepolisian.

"Sweeping itu hanya boleh dilakukan oleh kepolisian dan pemerintahan," katanya.

Menurut Argo, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Mochammad Iriawan dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) serta pemangku kepentingan yang lain sudah duduk bersama untuk membahas atribut keagamaan.

Terkait lahirnya Fatwa MUI No. 56 Tahun 2016 berdasarkan pertimbangan, di masyarakat terjadi fenomena saat peringatan hari besar agama non-Islam, sebagian umat Islam atas nama toleransi dan persahabatan, menggunakan atribut dan/atau simbol keagamaan nonmuslim yang berdampak pada siar keagamaan mereka.

Selain itu, untuk memeriahkan kegiatan keagamaan non-Islam, ada sebagian pemilik usaha seperti hotel, super market, departemen store, restoran dan lain sebagainya, bahkan kantor pemerintahan mengharuskan karyawannya, termasuk yang Muslim untuk menggunakan atribut keagamaan dari non-Muslim. (R)


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Item Reviewed: Polisi Punya Kewenangan Menindak Perusahaan yang Diduga Melanggar Fatwa MUI Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent