728x90 AdSpace

Latest News
Thursday, December 15, 2016

Polisi Curigai Ada Mafia Paspor Khusus WNA di Banten

BeritaIndependent.Com | Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo mencurigai ada indikasi mafia paspor bermain di Banten. Hasil penyelidikan ada dugaan praktik suap dan pungutan liar (pungli) dalam proses pembuatan paspor warga negara asing (WNA) asal Tiongkok bernama Wang Fuqiang (27) adalah salah satu petunjuk mengarah pada sindikat.

Ihwal kasus paspor WNA ini telah mendapat atensi Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

“Kita akan tindaklanjuti. Kita akan bongkar, ini sesuai amanat dari Kapolri untuk memberantas pungli di instansi-instansi pelayanan publik,” kata Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo hari ini.

Terkait  kasus pembuatan paspor Indonesia oleh warga negara asing (WNA) bernama Wang Fuqiang (27) asal Tiongkok mengakibatkan dipanggilnya pejabat Imigrasi Kelas I Serang oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten Ajub Suratman.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Banten Ajub Suratman kepada wartawan, hari ini, Kamis (24/11/2016).

“Betul, Kakanim (Kepala Kantor Imigrasi) Serang dan Wasdakim sudah saya panggil. Kami meminta klarifikasi dari pejabat ini dan memerintahkan untuk mengusut tuntas kasus ini,” katanya.

Informasi yang dihimpun, dua pejabat yang dipanggil tersebut yakni Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Serang, Montano dan Kasi Pengawasan Penindakan Keimigrasian (Wasdakim) Muhammad Reza.

Pemeriksaan kedua pejabat tersebut terkait dugaan adanya oknum petugas di Kantor Imigrasi Serang yang ikut membantu warga Tiongkok dalam proses pembuatan paspor Indonesia.

Oknum yang bertugas pada bagian kasir ini diketahui bertugas mendampingi pelaku mulai dari pendaftaran namun pada saat wawancara aksi pelaku berhasil diketahui. (wanto)



  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Polisi Curigai Ada Mafia Paspor Khusus WNA di Banten Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent