Latest News
Jumat, 23 Desember 2016

Pilar Jembatan Cisomang Purbalenyi Bergeser 53 Cm

BeritaIndependent.Com | Kontruksi kedua jembatan Cisomang yang berada di ruas jalan tol Purbaleunyi, Jawa Barat dikabarkan bergeser sejauh 53 centimeter (cm).

Pilar Jembatan Cisomang berada di ruas jalan tol Purbaleunyi km JKT 100-700. Jembatan ini dibangun pada tahun 2002 dan diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 3 Agustus 2004.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan adanya pergeseran (deformasi) pada pilar kedua (P2) Jembatan Cisomang, pada Jalan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi)‎ tepatnya di KM 100+700.

Deformasi tersebut sudah melebihi batas izin yang disyaratkan, yaitu bergeser kesamping sekitar 53 cm.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi mengungkapkan, pihaknya telah meminta Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk untuk segera menerapkan pembatasan lalu lintas di Jembatan Cisomang.

Saat ini, jembatan tersebut hanya bisa dilalui kendaraan golongan 1.

"Pada Kamis, 22 Desember 2016 diperoleh hasil bahwa telah terjadi pergeseran pada pilar kedua yang sudah melebihi batas izin yang disyaratkan. Kita perlu batasi beban yang lewati jalan tersebut. Yang boleh hanya mobil golongan 1," katanya di Jakarta, Jumat (23/12/2016).

Pihaknya juga meminta kepada BPJT dan Jasa Marga untuk segera melakukan monitoring pergerakan pilar-pilar Jembatan Cisomang, serta melaksanakan penguatan terhadap struktur jembatan tersebut. Hal ini guna mencegah pergeseran lebih lanjut dan menjamin kapasitas struktur jembatan berada pada kondisi aman untuk pengguna lalu lintas.

"Harus dilakukan monitoring intensif dan penanganan untuk tingkatkan kembali keamanan jembatan tersebut. Ini sudah dilakukan oleh BPJT dan ditindaklanjuti Jasa Marga sebagai operator," katanya.

Jembatan yang dibangun dengan panjang 253,15 meter ini memiliki tipe struktur balok partekan sederhana (simple beam) dan struktur balok pratekan menerus (continuous beam). Konstruksi bagian pelat lantai, kepala pilar serta pilar bagian bawah (sub structure) dibangun dari material beton bertulang. (R)



  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Item Reviewed: Pilar Jembatan Cisomang Purbalenyi Bergeser 53 Cm Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent